Honda

Fresh Graduate Lulusan Universitas Terbaik tapi Kenapa Sulit Dapat Pekerjaan? Ternyata Ini Penyebabnya

Fresh Graduate Lulusan Universitas Terbaik tapi Kenapa Sulit Dapat Pekerjaan? Ternyata Ini Penyebabnya

Kenapa Fresh Graduate Lulusan Universitas Terbaik Sulit Dapat Kerja?-by @8photo-on Freepik

PALPRES.COM - Berdasarkan data BPS, Populasi terbesar pengangguran terbuka ada di rentang usia 20-24 tahun, jumlahnya mencapai 2.39 juta orang. Fresh Graduate lulusan universitas terbaik tapi Sulit Dapat Pekerjaan? Ternyata Ini Penyebabnya

Total Jumlah pengangguran terbuka hingga bulan Februari 2023 menurut data yang dirilis oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), menyentuh angka yang lumayan tinggi, yaitu sebanyak 7.9 juta orang.

Dari total seluruh angkatan kerja dalam negeri yang tidak terserap di pasar kerja, angka 7.9 juta ini sama dengan 5,45% dari total pengangguran. 

Pasar kerja Indonesia sepertinya belum sepenuhnya mampu mengatasi fenomena ini, sementara dinamika ekonomi semakin kompleks dan pertumbuhan populasi semakin terus meningkat.

BACA JUGA:Seorang Ibu Melahirkan Ditengah Ramai Suasana Mudik Lebaran 2024 Begini Kisahnya

BACA JUGA:Begini 5 Tips Persiapan Arus Balik Wajib Diketahui Bagi Pemudik, No 2 Paling Penting

Berdasarkan data yang BPS rilis, Populasi terbesar pengangguran terbuka berada di rentang usia 20-24 tahun, kelompok fresh graduate jumlahnya mencapai 2.39 juta orang. 

Kemudian diikuti oleh kelompok dengan rentang usia 25-29 tahun yang mencapai 1,21 juta orang, disusul kelompok usia 15-19 tahun dengan angka 1,12 juta orang.

Jika dilihat dari sektor pendidikan tertinggi yang ditamatkannya, pengangguran mayoritas merupakan lulusan SMK dengan memberi angka 9,31%, disusul SMA sekitar 8,15%, dan kemudian SMP sebanyak 4,78%. 

Sementara untuk pengangguran lulusan level perguruan tinggi seperti Diploma sekitar 4,79%, sedangkan pada level pendidikan sarjana pnegangguran sekitar 5,16%.

BACA JUGA:Ternyata Muat Kendaraan Listrik di Kapal Penyeberangan saat Mudik Tidak Bisa Sembarangan! Begini Aturannya

BACA JUGA:Hindari Kecelakaan Seperti di Km 58 Tol Cikampek: Bagaimana Cara Aman Ketika Melalui Jalur Contraflow?

Lantas apa penyebabnya? Saat ini, banyak pemuda harus menjadi pengangguran lantaran pengusaha yang kehilangan minat untuk mempekerjakan mereka, para fresh graduate ini dinilai kurang bahkan tidak memiliki pengalaman sama sekali oleh para pengusaha.

Fakta menunjukkan bahwa 70% dari pemuda penganggur ini nyatanya tidak memiliki pengalaman kerja sebelumnya, sedangkan untuk penganggur di luar kategori pemuda, hanya 32% yang belum memiliki pengalaman kerja sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: