Honda

Jelang Lawan Yordania, Timnas Indonesia U-23 Berharap Tuah Stadion Abdullah bin Khalifa

Jelang Lawan Yordania, Timnas Indonesia U-23 Berharap Tuah Stadion Abdullah bin Khalifa

Timnas Indonesia U-23 berharap tuah Stadion Abdullah bin Khalifa saat menghadapi Yordania di Piala Asia U-23 2024. -pssi-

PALPRES.COM - Timnas Indonesia U-23 mengharapkan tuah Stadion Abdullah bin Khalifa, yang akan menjadi venue pertandingan skuad Garuda Muda menghadapi Yordania pada laga pamungkas Grup A Piala Asia U-23 2024, Minggu 21 April malam pukul 22.30 WIB. 

Stadion yang dibuka pada 15 Februari 2013 silam menjadi rumah yang nyaman untuk Timnas Indonesia U-23 ketika berlaga di panggung Asia.

Awal tahun 2024 ini ketika berkiprah di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia berhasil menang 1-0 atas Vietnam di sana. 

Kemenangan satu-satunya di ajang Piala Asia  2023 mengantarkan Skuad Garuda ke babak 16 besar untuk pertama kalinya dalam sejarah keikutsertaan di turnamen tersebut.  

BACA JUGA:PSSI Akan Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong Sampai 2027, Tapi Penuhi Syarat Ini

BACA JUGA:Timnas Indonesia U-23 Jalani Laga Hidup Mati Lawan Australia, Ini Janji Shin Tae-yong

Berikutnya, Timnas Indonesia kembali mendapatkan skor identik ketika mengalahkan tim kuat Australia di tempat yang sama.

Kemenangan ini memperbesar peluang Garuda Muda melangkah ke babak perempatfinal Piala Asia U-23 2024. 

Makin terasa manis karena membalas kekalahan atas Australia U-23 di ajang Piala Asia U-23 Grup G tiga tahun silam dengan skor 2-3 dan 0-1. 

Dengan kemenangan ini, Garuda Muda hanya memerlukan hasil imbang saja atas Yordania pada malam nanti untuk memastikan kelolosan ke babak perempat final.

BACA JUGA:Kalah dan Dapat 2 Kartu Merah, Ini Rencana Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia U-23

BACA JUGA:AFC Berikan Kabar Buruk untuk Timnas Indonesia U-23 Jelang Lawan Yordania, Apa Itu?

Tak peduli apa pun yang terjadi di laga antara Australia dan Qatar nantinya. 

Sebab, Timnas Indonesia U-23 memiliki keunggulan secara head-to-head atas Australia berkat kemenangan 1-0 pada Kamis 18 April 2024 lalu. 

Diawali dari tendangan pojok Witan Sulaeman, bola disambut sundulan Muhammad Ferarri yang kemudian direspons Nathan Tjoe-A-On dengan tendangan kaki kiri. 

Tendangan kaki kiri pemain yang bermain di SC Heerenveen itu meleset, tapi justru menjadi berkah bagi Komang Teguh yang menjadi man in the right time and in the right place untuk menanduk bola dan membuat kiper Patrick Beach memungut bola dari gawangnya.

BACA JUGA:Hanya 1 Syarat Timnas Indonesia Lolos Perempat Final Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda Yakin Bisa

BACA JUGA:Jay Idzes Tekad Sapu Bersih Dua Laga Sisa Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Dengan Kemenangan

Komang, from zero to hero, ia menebus dosa akibat membuat penalti untuk Australia pada menit ke-25 ketika bola mengenai tangannya. 

Beruntungnya, penalti yang diambil Mohamed Toure pada laga itu berhasil ditepis kiper Indonesia Ernando Ari.

Indonesia bahkan memperoleh kesempatan untuk menggandakan keunggulan ketika Pratama Arhan memimpin situasi counter attack pada menit-menit akhir laga. 

Namun sayang, umpan pemain Suwon FC kepada Marselino Ferdinan yang terbebas dan siap menyambut bola, justru melambung jauh.

Indonesia menyodok ke peringkat kedua klasemen sementara Grup A dengan tiga poin.

Selisih tiga poin dari pemuncak klasemen Qatar, dan unggul dua poin dari Yordania dan Australia pada posisi ketiga dan keempat.

Tuah Stadion Abdullah bin Khalifa kembali diharapkan ketika Timnas Indonesia U-23 menghadapi Yordania malam ini. 

Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong berharap aura positif Stadion Abdullah Bin Khalifa terus berpihak kepada tim besutannya di Piala Asia U-23 2024.

“Setiap pelatih mempunyai perasaan spesial tersendiri. Pada 2016 saya membawa tim Korsel U-23, itu di pertandingan final, dan tidak mendapatkan hasil yang sesuai harapan. Kemudian pada Januari 2024, kami juga mendapatkan kemenangan krusial melawan Vietnam,” tutur Tae-yong.

“Jadi, saya mempunyai perasaan yang peka dengan stadion ini. Saya juga bilang kepada pemain, jika mereka mempunyai rasa percaya diri, atmosfer akan berpihak kepada kami.”

Jika berhasil lolos ke perempat final, maka skuad Garuda Muda akan menghadapi salah satu di antara Jepang dan Korea Selatan, yang telah memastikan diri lolos namun belum ditentukan siapa juara grupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: