Honda

Final Euro 2024 Prediksi dan Preview Laga Pamungkas Spanyol vs Inggris, Bisakah the Three Lions Cetak Sejarah?

Final Euro 2024 Prediksi dan Preview Laga Pamungkas Spanyol vs Inggris, Bisakah the Three Lions Cetak Sejarah?

Final Euro 2024 Akankah Spanyol kembali ke puncak permainan Eropa, atau Inggris yang mencetak sejarah baru?--la.zenia

PALPRES.COM - Final Euro 2024 menjadikan Olympiastadion Berlin sebagai arena Laga pamungkas antara Spanyol vs Inggris. Bisakah the Three Lions cetak sejarah baru? Berikut Prediksi dan Preview kedua tim.

Final Euro 2024 akan digelar pada hari Senin 15 Juli 2024 Pukul 02.00 WIB, Berikut Catatan Statistik Spanyol vs Inggris:

  • Spanyol menjadi unggulan untuk memenangkan final Euro 2024, kemungkinan La Roja untuk menang ada di angka 60,4% sedangan dalam waktu 90 menit ada di angka 40,5%.
  • Spanyol tak terkalahkan dalam enam pertandingan mereka di Euro 2024, yang merupakan rekor terbanyak dalam satu edisi kompetisi.
  • Inggris pun tidak terkalahkan dalam enam pertandingan terakhir mereka di Piala Eropa ketika kebobolan lebih dulu (W5 D1). 

Jadi tak ada salahnya bagi beberapa orang yang meragukan Inggris sebagai unggulan untuk memenangkan Euro 2024 di awal turnamen, untuk menyiapkan permintaan maaf.

BACA JUGA:6 Fakta Menarik Luis Suarez Bawa Uruguay Raih Peringkat 3 Copa America 2024

BACA JUGA:Hasil Copa America 2024, Kanada vs Uruguay: Luis Suarez Cetak Gol, Uruguay Menang Adu Penalti

The Three Lions memang tidak bermain dengan baik hingga pertandingan semi-final terakhir mereka.

Namun faktanya, pencapaian mereka hingga saat ini merupakan bukti bahwa apa yang dilakukan oleh Gareth Southgate dan timnya sangatlah pantang menyerah.

Kerajaan ini akan menghadapi Spanyol di final yang tak pernah diduga oleh beberapa pihak sebelum Euro 2024.

Di sisi lain, anak asuh Luis de la Fuente telah tampil sangat mengesankan di Jerman, dengan memenangkan semua enam pertandingan mereka, yang merupakan kemenangan terbanyak yang pernah didapatkan oleh tim manapun dalam satu edisi Kejuaraan Eropa UEFA.

BACA JUGA:Pemain Terbaik Liga Italia Merapat ke Liga Indonesia? Ini Profil dan Catatan Menterengnya

BACA JUGA:5 Pemain Timnas Indonesia U19 Bakal Dicoret Indra Sjafri, Matangkan Persiapan ke Turnamen Piala AFF U19 2024

Spanyol

La Roja berhasil mengalahkan grup yang terdiri dari Italia, Kroasia dan Albania, sebelum melewati Georgia, mengatasi Tuan Rumah Jerman, dan memulangkan Perancis untuk mencapai final.

Final Euro 2024: Spanyol dapat menjadi tim pertama yang memenangkan kompetisi ini dalam empat kesempatan berbeda--politics_football

Setelah tertinggal lebih dulu dari Prancis di semifinal pada hari Selasa, Spanyol membalas dengan gol-gol dari Lamine Yamal dan Dani Olmo untuk menang 2-1 di Munich.

Dengan usia 17 tahun, Yamal dapat menjadi pemain termuda yang pernah tampil di final Piala Dunia atau Kejuaraan Eropa, memecahkan rekor Pelé di Piala Dunia 1958 (17 tahun 249 hari).

BACA JUGA:Emil Audero Lagi Apes, Dulu Tolak Bela Timnas Indonesia Kini Main di Serie B, Kalah dari Maarten Paes

BACA JUGA:Final Copa America 2024: Prediksi dan Preview Argentina vs Kolombia, Pertempuran Terakhir Lionel Messi

Gol Yamal yang menakjubkan saat melawan Perancis membuatnya menjadi pemain termuda yang mencetak gol di Euro, sementara itu ia juga memiliki tiga asis di turnamen ini, belum pernah ada pemain Spanyol bisa mencetak empat asis dalam satu turnamen Eropa.

Spanyol kali inin bakal menyukai peluang mereka, telah memenangkan tiga final turnamen besar terakhir, Kejuaraan Eropa pada 2008 dan 2012, serta World Cup pada 2010.

Selain Spanyol, belum ada tim Eropa sukses dalam empat pertandingan final World Cup/Euro secara beruntun.

Mereka mengoleksi trofi Kejuaraan Eropa ke 4 mereka, setelah meraihnya pada tahun 1964, 2008 dan 2012.

BACA JUGA:Shin Tae-yong Full Senyum Bahagia, 2 Pemain Timnas Indonesia Bakal Gabung Klub Elite Eropa!

BACA JUGA:Secercah Harapan Bagi Maarten Paes Perkuat Timnas Indonesia, PSSI Berjuang Keras Tuntaskan Kasusnya

Satu-satunya kekalahan terakhir Spanyol di kompetisi ketika melawan Perancis di tahun 1984.

Mereka dapat menjadi tim pertama yang memenangkan kompetisi ini dalam empat kesempatan berbeda.

Inggris belum pernah menjuarai kompetisi, dan ini menjadi final Euro kedua mereka.

Sebelumnya juga merupakan yang terakhir (Euro 2020), menjadikannya penampilan beruntun di ajang ini.

Mereka kini telah mencapai lebih banyak final turnamen besar dalam empat kali percobaan di bawah asuhan Gareth Southgate (2) daripada yang mereka lakukan dalam 23 penampilan pertama mereka di Piala Dunia/Euros (1) sebelum kedatangannya sebagai manajer.

BACA JUGA:Marselino Ferdinan Masih 19 Tahun, Tapi Tak Dipanggil Indra Sjafri ke Timnas Indonesia U19, Ini Penyebabnya

BACA JUGA:Timnas Putri Indonesia Tumbang Lawan Hongkong Skor 2-3, Rekor Kemenangan Beruntun Garuda Pertiwi Terpatahkan

Inggris

Ini akan menjadi final turnamen besar pertama the Three Lions yang dimainkan di luar negara, dengan final World Cup 1966 dan Euro 2020 di Stadion Wembley. The Three Lions punya catatan bagus di Berlin, menang 4 dan seri 2 dari 6 laga di ibu kota Jerman.

Final Euro 2024: Inggris tidak terkalahkan dalam enam pertandingan terakhir mereka di Euro ketika kebobolan lebih dulu (W5 D1)--gigzz.psd

Inggris berada di puncak grup yang terdiri dari Serbia, Denmark dan Slovenia, sebelum melibas Slovakia, mengalahkan Swiss, dan susah payah kontra Belanda untuk mencapai final.

Ollie Watkins menjadi pahlawan di semi-final, turun dari bangku cadangan untuk mencetak gol kemenangan di menit ke-90 atas Belanda, yang unggul lebih dulu melalui Xavi Simons sebelum Harry Kane menyamakan kedudukan melalui tendangan penalti dan Inggris akhirnya mengamankan kemenangan 2-1.

BACA JUGA:Indra Sjafri Boyong 28 Pemain Timnas Indonesia U19 Lanjutkan TC di Surabaya, Persiapan Piala AFF U19 2024

BACA JUGA:PSSI Segera Proses Naturalisasi Mauresmo Hinoke, Tim Geypens dan Dion Markx, Timnas Tambah Amunisi

Jangan kaget jika Spanyol akan memimpin di partai final.

Inggris telah kebobolan gol pertama dalam tiga pertandingan sistem gugur mereka di Euro 2024, sementara Spanyol telah mencetak 13 gol, hanya Prancis di tahun 1984 (14) yang mencetak lebih banyak gol dalam satu edisi Kejuaraan Eropa.

Namun, Inggris tidak terkalahkan dalam enam pertandingan terakhir mereka di Euro ketika kebobolan lebih dulu (W5 D1), dengan tidak ada tim yang memenangkan lebih banyak pertandingan seperti itu dalam sejarah kompetisi.

Pelatih Inggris, Southgate, mendapat kritikan selama turnamen ini atas kurangnya ambisi dari timnya.

BACA JUGA:Timnas Putri Indonesia Tatap Laga Perdana Melawan Hongkong, Coach Mochi Siap Raih Kemenangan

BACA JUGA:Hasil Semifinal Copa America 2024: Kolombia vs Uruguay, 10 Pemain Bawa La Tricolor Melaju ke Final

Namun mereka akan kembali ke final, dan Southgate akan menjadi pelatih ketiga yang menangani lebih dari satu final Kejuaraan Eropa (tidak termasuk pertandingan ulangan), setelah Helmut Schön (1972, 1976) dan Berti Vogts (1992, 1996), keduanya bersama Jerman, dan ketiganya melakukan hal tersebut di dua edisi beruntun.

Tidak ada manajer yang pernah kalah dalam dua final di kompetisi ini sebelumnya, dan mantan manajer Middlesbrough ini akan berharap untuk tidak mencatatkan sejarah dalam hal tersebut.

Lawannya, De la Fuente, akan berusia 63 tahun dan 23 hari pada hari final, manajer tertua ketiga yang menangani finalis Kejuaraan Eropa setelah Luis Aragonés, juga dengan Spanyol, pada 2008 (69 tahun lebih 337 hari) dan Otto Rehhagel dengan Yunani pada 2004 (65 tahun lebih 330 hari), dan keduanya meraih trofi.

Ini akan menjadi sebuah pertandingan yang menarik di Olympiastadion. Akankah Spanyol kembali ke puncak permainan Eropa, atau apakah sepak bola akhirnya 'pulang ke rumah'?

BACA JUGA:Hasil Semifinal Euro 2024: Belanda vs Inggris, Gol Telat Ollie Watkins Bikin Nyesek Timnas Pusat

BACA JUGA:3 Srikandi Abroad Perkuat Timnas Putri Indonesia, Coach Mochi Pede Hadapi Hongkong

Head to Head Spanyol vs Inggris 

Ini akan menjadi pertemuan ketiga antara Spanyol dan Inggris di Kejuaraan Eropa, dengan Inggris menang 2-1 di fase grup tahun 1980, sebelum melaju 4-2 melalui adu penalti setelah bermain imbang 0-0 di perempat final tahun 1996.

Inggris gagal mencetak gol dalam tiga dari empat pertandingan turnamen besar mereka (Piala Dunia/Euros) melawan Spanyol, dengan dua pertandingan terakhir keduanya berakhir 0-0 (Piala Dunia 1982, Euro 96).

Spanyol hanya kalah empat kali dari 14 pertemuan terakhir mereka dengan Inggris di semua kompetisi (W7 D3), setelah kalah tujuh kali beruntun melawan The Three Lions sebelumnya.

Inggris menang 3-2 kala terakhir bertemu Spanyol, di UEFA Nations League Oktober 2018.

Raheem Sterling (2) dan Marcus Rashford membawa tim tamu unggul 3-0 di babak pertama di Sevilla, sebelum Paco Alcácer dan Sergio Ramos membalaskan dua gol di babak kedua untuk Spanyol.

Inggris belum pernah memenangkan pertemuan beruntun dengan La Roja sejak tujuh pertemuan antara tahun 1960 dan 1980.

BACA JUGA:Hasil Semifinal Euro 2024: Spanyol vs Prancis: Comeback Manis, Tim Matador ke Final Usai Menang 2-1

BACA JUGA:Miliki Wajah Cantik, Inilah 5 Srikandi Atlet Voli Indonesia Berstatus Anggota TNI dan Polri

Prediksi Spanyol vs Inggris

Spanyol 60,4% jadi unggulan untuk memenangkan final Euro 2024, dan tim asuhan De La Fuente menang dalam waktu 90 menit d[ angka 40,5%.

Sedangkan Inggris menang dalam waktu normal dalam 29%, sementara final akan berlanjut ke babak perpanjangan waktu kemungkinannya mencapai 30,5% sisanya.

Dengan memasukkan perpanjangan waktu dan adu penalti sebagai metode kemenangan, Spanyol memenangkan final di 60,4% simulasi, sedangkan Inggris mengangkat trofi di 39,6% lainnya.

Akankah Spanyol kembali ke puncak permainan Eropa, atau Inggris yang mencetak sejarah baru?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: