Honda

Letkol Erwin Dihadiahi Keris Kyai Carubuk, Konon Keris ini dari Sunan Kali Jaga

Letkol Erwin Dihadiahi Keris Kyai Carubuk, Konon Keris ini dari Sunan Kali Jaga

PALEMBANG, PALPRES.COM – Pecinta benda pusaka, Letkol Inf Erwinsyah Taufan mendapat hadiah Keris Kyai Carubuk dari komunitas Keris di Palembang, Selasa (28/06/2022). Pemberian Keris langka ini sebagai bentuk pelestarian benda pusaka yang memiliki sejarah dengan Sunan Kali Jaga.

Hadiah keris ini diberikan oleh kolektor keris Palembang, Afrizal Ari, dan disaksikan langsung Kepala UPTD Museum Negeri Sumatera Selatan (Sumsel) H Chandra Amprayadi, SH dan Kasrem 044/Gapo Kolonel Inf Grandy Mangiwa di Makodam II/Swj.

Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Kodam II/Swj ini cukup syok dengan hadiah Keris Kyai Carubuk. Mengingat, selama ini keris tersebut hanya dilihat melalui literatur maupun sumber yang ada.

“Keris pada umumnya hanya memiliki tri pamor maupun lima pamor. Namun keris ini memiliki keunikan dengan Sembilan pamor. Saya sering melihat keris ini hanya melalui literatur saja dan baru ini melihat langsung,” aku Letkol Erwin.

BACA JUGA:Museum dr AK Gani Terima Penghargaan Kategori Pelestarian Naskah Arsip Bersejarah

Keunikan lain, sambung Letkol Erwin, keris Kyai Carubuk ini memiliki banyu mili yang di bawahnya juga ada pamor. Keunikan inilah yang membuat mahakarya ketiga dari Mpu Supo Mandarangi ini berbeda dengan lain.

“Seperti yang kita lihat, pusat energy keris ini berada pada bagian ujung. Saya kira sangat layak keris ini untuk dikoleksi,” ucapnya.

Informasinya, Keris Kyai Carubuk ini merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit tepatnya pada masa Sunan Kali Jaga. Keris Kyai Carubuk ini juga yang menjadi senjata Sunan Kali Jaga dalam menyebarkan Agama Islam di Pulau Jawa sekitar abad ke-7. Dalam penyebaran agama Islam, Sunan Kali Jaga mengakulturasikan budaya dan agama. Dengan metode ini dinilai lebih efektif dalam mengajarkan ajaran Islam.

Sementara itu, Kepala UPTD Museum Negeri Sumatera Selatan, H Chandra Amprayadi, SH menilai keris ini sangat layak dimiliki Letkol Erwinsyah. Selain sebagai abdi negara, Letkol Erwinsyah merupakan sosok yang mampu melestarikan budaya Indonesia.

BACA JUGA:Museum Negeri Sumsel Siap Tuan Rumah Pameran Senjata Tingkat Nasional

“Untuk itulah, kami mengajak kepada komunitas keris ini untuk ikut berperan dalam kegiatan pameran bersama tingkat nasional yang dilaksanakan di Museum Negeri Sumatera Selatan,” ajaknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: