Honda

Cegah Karhutla, Personel Satbrimob Polda Sumsel Batalyon B Pelopor Terbangkan Drone dan Tingkatkan Patroli

Cegah Karhutla, Personel Satbrimob Polda Sumsel Batalyon B Pelopor Terbangkan Drone dan Tingkatkan Patroli

Personel Satbrimob Polda Sumsel Batalyon B Pelopor Terbangkan Drone dan Tingkatkan Patroli untuk mencegah karhutla--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM-Personel Satbrimob Polda Sumsel Batalyon B Pelopor BKO Polres Oki dalam rangka Ops Stop Karhutla Musi-2023 Dipimpin Ipda Eko Yuwitno laksanakan monitoring area rawan kebakaran diwilayah PT. Sampoerna Agro Desa Sungai Pasir Kec. Cengal Kab. Ogan Komering Ilir, Sabtu, 14 Oktober 2023.

Ipda Eko Yuwitno Mengatakan, Kegiatan monitoring ini dilaksanakan menggunakan alat terbang tanpa awak (drone) sebagai langkah efektif untuk pencegahan dan antisipasi cepat bila terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Lanjut Ipda Eko Yuwitno menyampaikan Monitoring menggunakan drone ini mencakup beberapa titik yang dianggap rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Selama patroli, Personel melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap segala yang berpotensi memicu kebakaran, seperti pembakaran sampah dan penebangan liar.

Sementara itu Danyon Satbrimob Polda Sumsel Batalyon B Pelopor AKBP Andiyano,SKM mengatakan, Dalam patroli tersebut, drone digunakan untuk melakukan pemantauan di daerah rawan kebakaran hutan dan lahan dengan lokasi di wilayah PT. Sampoerna Agro Desa Sungai Pasir Kec. Cengal Kab. Ogan Komering Ilir.

BACA JUGA:Harganya Menggiurkan, Toyota Kijang Innova Zenix 2022-2023 dengan Transmisi CVT K120

Lokasi pemantauan terdiri dari wilayah perkebunan perusahaan, tanah kebun masyarakat, lahan tidur, dan beberapa pemukiman masyarakat, hasil pemantauan di lokasi menunjukkan tidak ada aktivitas masyarakat, serta tidak ditemukan titik api atau kepulan asap di sekitar lokasi.

Lanjut AKBP Andiyano SKM. menambahkan, Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan mencegah dan memantau adanya titik panas (hotspot) yang dapat menjadi potensi kebakaran hutan dan lahan di sekitar wilayah Desa Sungai Pasir Kecamatan Cengal Kab. Ogan Komering Ilir. 

AKBP Andiyano, SKM mengatakan, Personel dilapangan terus melaksanakan himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan dan tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu kebakaran hutan dan lahan.

"Laporkan jika menemukan titik api atau kegiatan yang mencurigakan, Jika menemukan titik api atau kegiatan mencurigakan, segera laporkan kepada pihak berwenang,” ujarnya.

BACA JUGA:Bansos YAPI 2023 Cair, Tapi Uang Rp600.000 Belum Masuk? Bisa Jadi Anda Termasuk dalam 5 Kategori Ini

Selama pelaksanaan, kegiatan berjalan dengan aman dan kondusif. Satbrimob Polda Sumsel Batalyon B Pelopor akan terus berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan dan keamanan wilayah dengan mengambil langkah-langkah preventif seperti melaksanakan himbauan dan patroli drone guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: