Kok Bisa, Tol Termegah di Sulawesi Selatan Dicoret dari Proyek Strategis Nasional, Kenapa Ya?

Selasa 01-08-2023,16:42 WIB
Reporter : Firdaus
Editor : Firdaus

Meski demikian, tol Mamminasata bisa tetap menjadi perhatian pemerintah pusat.

Mengingat jalan ini sangat dibutuhkan sebagai penghubung dalam kawasan Mamminasata.

Sebelumnya, pembangunan proyek jalan tol termegah di Sulawesi Selatan ini telah dimulai sejak tahun 2021 lalu.

Jalan tol yang menghubungkan 4 proyek sekaligus terdapat di Sulawesi Selatan, dengan menggunakan anggaran sebesar Rp9,191 triliun.

Pengeluaran dana anggaran yang nilainya fantastis hingga triliunan merupakan hal yang wajar, karena hal itu merupakan faktor penunjang perkembangan daerah.

BACA JUGA:Wajib Tau! Beberapa Pembiayaan Proyek Jalan Tol, Termasuk Tol di Kalimantan Selatan yang Menggunakan APBD

Dan rencananya untuk memulai proyek besar tersebut dilakukan pada tahun 2023, dimana penanggung jawab pembangunan tol ini adalah Kementerian PUPR.

Jalan tol yang menghubungkan 4 proyek tersebut berlokasi di Kota Makassar menuju Maros dan Sunggunminasa serta Takalar.

Proyek pembangunan jalan tol yang menngunakan dana anggaran fantastis yang dinamakan Jalan Tol Mamminasata.

Tujuan utama pembangunan Jalan Tol Mamminasata digunakan sebagai upaya pemanfaatan Sumber Daya Alam dan juga lingkungan agar memadai.

BACA JUGA:Jalan Tol Probowangi Sepanjang 177 KM Mangkrak, 4 Faktor Ini Menjadi Pemicunya

Jalan Tol Mammisata merupakan kawasan metropolitan yang berada di perkotaan Sulawesi Selatan, pembangunan Jalan Tol Mamminasata sebagai gerbang pada wilayah-wilayah yang ada di sekitar agar semakin maju dan berkembang.

Sehingga pada akhirnya mendukung infrastruktur di bidang jembatan dan juga jalan atas kerjasama antar pemerintah dengan JICA. 

Pendanaan investasi proyek jalan tol yang adanya di Sulawesi Selatan ini menggunakan kerjasama pemerintah dengan badan usaha.

Yakni kerjasama antara pemerintah dengan perusahaan swasta untuk membangun 4 proyek tol sekaligus.

BACA JUGA:Ini Alasan Pemprov Kalimantan Selatan Bangun Tol Sendiri, Gunakan APBD Senilai Rp1,8 Triliun

Kategori :