Contohya pada event atau kegiatan di carfreeday, standing banner dan spanduk akan lebih efektif dalam menyampaikan pesan karena khalayak akan terpusat pada satu titik saja.
Leaflet akan lebih efektif jika ditempatkan pada sepanjang gang atau jalanan yang agak tertutup, sehingga mata khalayak akan terfokus pada pesan yang disampaikan, dan masih banyak lagi.
Contoh nyatanya kurang lebih seperti ini:
Pesan yang sudah kita rancang ditujukan untuk kelompok umum dengan kelompok umur diatas 46 tahun, berjenis kelamin perempuan yang sebagian besar adalah ibu rumah tangga.
Eksekusi pesannya adalah ruang publik dimana banyak ibu-ibu rumah tangga berkumpul, salah satu tempat idealnya adalah pasar tradisional.
Artinya mereka akan mencari titik yang paling strategis bisa terlihat oleh ibu-ibu yang beraktifitas dipasar baik pembeli maupun penjual.
Lain halnya ketika pesan yang ingin ditujukan kepada usia 17 - 21 tahun, tempat yang paling potensial untuk usia ini adalah di lingkungan seputaran sekolah atau kampus/ perguruan tinggi.
Jadi eksekusi pesannya bisa dilakukan di lokasi tersebut.
Perlu diperhatikan juga bahwa penempatan iklan di tempat yang tidak pada mestinya semisal di rambu-rambu lalulintas, pohon, taman kota, tanaman dan tempat-tempat yang dilarang, akan berdampak negatif pada objek iklannya.
Terakhir tim pengiklan bakal calon tersebut harus mempunyai catatan berapa lama iklan tersebut dipasang dan kapan harus diganti pesanya.
Karena kalau tidak ada pembaharuan pesan, justru akan memberikan kesan tidak peduli, apalagi pesan tersbut dibiarkan rusak secara alami karena cuaca dan usia.
Epilog
Tulisan diatas adalah sebuah ilustrasi sederhana, telaah pribadi tanpa ada kepentingan terhadap bakal calon walikota Palembang.
Memang ada banyak factor yang membuat pesan melalui iklan akan berhasil atau tidak.
Disinilah Tim Pengiklan/ Tim suksesnya harus melakukan riset atau minimal mempunyai data menyangkut informasi yang disampaikan.
Ilustrasi usia dalam menentukan segmentasi atau pengelompokan ini adalah salah satu bagian kecil saja atau contoh semata.