Setara 200 Lapangan Bola! Bantar Gebang, Gunung Sampah Tertinggi Terbesar di Indonesia Hingga Asia Tenggara

Jumat 28-06-2024,16:54 WIB
Reporter : Agus Pongki
Editor : Agus Pongki

PALPRES.COM - Inilah Bantar Gebang, sebuah gunung sampah tertinggi dan terbesar di Indonesia bahkan hingga Asia Tenggara.

Hadir sebagai tempat penampungan limbah ibukota, tempat ini begitu disesaki banyak sampah yang terdiri dari jutaan ton yang menjulang hingga puluhan meter.

Bau menyengat dan segerombolan lalat menjadi penghuni setia di atasnya. Inilah Bantar Gebang, sebuah gunung sampah tertinggi dan terbesar di Indonesia.

Bantar Gebang merupakan sebuah kecamatan di kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

BACA JUGA:Belum Padankan NIK dan NPWP hingga 30 Juni 2024? Siap-siap Menerima Sanksi Ini!

BACA JUGA:Susunan Kloter dan Jadwal Pemulangan Jemaah Haji Debarkasi Palembang 2024 Gelombang 1

Di sini terdapat kawasan penampungan sampah akhir yang menjadi tempat utama pembuangan sekitar ribuan ton sampah perhari dari seluruh wilayah Jakarta dan Bekasi.

Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu Bantar Gebang atau yang disingkat TPSP Bantar gebang memiliki total luas area 117 hektar.

Apa yang membuat Bantar Gebang begitu mencuri perhatian banyak orang?--alatberat.indonesia

Namun begitu tidak semua area ini dijadikan zona buang, beberapa titik difungsikan sebagai lahan hijau, gedung perkantoran, pabrik pengolahan, dan berbagai fasilitas lainnya.

Bantar Gebang telah menampung banyak sampah selama puluhan tahun, tercatat tempat ini mulai beroperasi semenjak tahun 1989.

BACA JUGA:4 Ciri Warga yang Dapat Dana Bansos PKH, dan BPNT Awal Juli Nanti, Simak Juga Syarat dan Cara Pengajuanya!

BACA JUGA:2 Bansos Dipastikan Cair Mulai Minggu Ini, Siapkan KK, Dan e-KTP Untuk Pengambilan Melalui Pos, Dobel BLT MRP?

Ada dua area pembuangan di sini, area pertama TPA Bekasi yang menjadi tempat pembuangan sampah dari Kota Bekasi dan area kedua yakni yang terbesar yaitu TPSP DKI Jakarta yang menjadi tempat penampungan dan pengolahan sampah dari wilayah Jakarta. 

Apa yang membuat tempat ini begitu mencuri perhatian banyak orang? 

Tentu saja karena hamparan sampah yang begitu luas sejauh mata memandang.

Kategori :