Honda

Kreasi Sendok Plastik Bekas Ikut Meriahkan Sriwijaya Expo

Kreasi Sendok Plastik Bekas Ikut Meriahkan Sriwijaya Expo

PALEMBANG, PALPRES.COM - Kreasi bunga dari sendok plastik bekas merupakan hasil kerajinan dari Komunitas The Ultimate Women (TUW) Sumsel, yang ikut memeriahkan pameran Sriwijaya Expo tahun 2022.

Seperti diketahui, Sriwijaya Expo merupakan event tahunan yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumsel sebagai penopang sekaligus pendukung kegiatan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) dan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) se-Indonesia.

Event yang dibuka oleh Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya bersama Wakil Ketua Dekranasda Sumsel Hj Fauziah Mawardi Yahya berlangsung dari tanggal 2-6 Juli 2022 di Plaza Ranau Dempo, Jakabaring Sport City (JSC) Palembang.

“Dalam kegiatan Sriwijaya Expo ini, Dinas Perindustrian Sumsel mengandeng salah satu komunitas UMKM, yakni TUW Sumsel untuk menampilkan serta membuat kreasi bunga dari sendok plastik bekas, yang dihadiri Kasi Pengembangan Teknologi Industri Yeni Febrianti,” kata Koordinator TUW Sumsel, Atie.

BACA JUGA:Sekretaris Disbudpar Sumsel : TUW, Perempuan Kreatif dan Inovatif

Diakuinya, pembuatan ide kreatif dari anggota TUW Sumsel, bermula dari banyaknya pesanan makanan dengan layanan Delivery Order, sehingga banyak sendok bekas yang terbuang.

“Setahun yang lalu, karena masih pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang pesan makanan diantar ke rumah, yang menyebabkan banyaknya sendok plastik. Oleh sebab itulah, kita membuat ide kreatif untuk memanfaatkan sendok itu menjadi sebuah kerajinan yang bisa menghasilkan uang,” akunya.

Untuk itulah, lewat kegiatan Sriwijaya Expo ini dapat dijadikan sebagai ajang promosi untuk menampilkan kerajinan-kerajinan dari Komunitas emak-emak ini.

“Bagi masyarakat yang ingin mencobanya membuat dirumah bisa banget kok, cukup siapkan, sendok plastik, lem tembak dan alatnya, cotton bud (untuk putik), kain flanel untuk daun, tusuk sate untuk kelopak, dan kertas lem untuk membungkus tangkai bunga. Jadi tunggu apalagi, mari kita kreasikan benda-benda yang di sekitaran kita seperti sendok bekas ini,” ajaknya.

BACA JUGA:Buat Nasi Minyak Lima Meter, TUW Sumsel Diapresiasi Semangat Bangkitkan UKMK

Adapun kegunaan kreasi bunga dari sendok bekas ini dapat dijadikan sebagai sovenir acara marhabah atau aqiqah, yang putiknya bisa diisi dengan uang. Diakuinya, pihaknya menjual satu tangkai bunga ini mulai dari Rp5000.

“Nah bagi masyarakat yang ingin mendapatkan bunga sendok ini, bisa pesan dengan cara DM ke IG TUW_sumsel, minimal H-7,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: