Honda

Ferdy Sambo Ditahan, Ini Kronologinya

Ferdy Sambo Ditahan, Ini Kronologinya

ilustrasi foto. Irjen Ferdy Sambo (tengah)-Wisnu Indra Kusuma-jpnn.com

JAKARTA, PALPRES.COM – Polri akhirnya menangkap Irjen Pol Ferdy Sambo, mantan Kadiv Propam Polri, Sabtu 6 Agustus 2022. Ferdy Sambo dibawa ke Markas Komando Korps Brigade Mobil, Kelapa Dua, Depok. 

Sebelum penangkapan Sambo, anggota Brimob terlihat berjaga-jaga di Gedung Bareskrim Polri sejak siang hari.

"Hari ini, Irsus melakukan pemeriksaan terhadap Irjen Ferdy Sambo dan sore harinya langsung dibawa ke Korps Brimob untuk ditempatkan di penempatan khusus dalam rangka pemeriksaan," kata Kepala Humas Polri, Inspektur Jenderal Dedi Prasetyo, Sabtu (6/8/2022).

Diduga, Irjen Ferdy Sambo melanggar prosedur penanganan tempat kejadian perkara tewasnya Brigadir J di rumah dinasnya di Duren Tiga, Jakarta Selatan. Diduga, ia tidak profesional dalam penanganan TKP dan mengambil CCTV di sekitar TKP.

BACA JUGA:Ferdy Sambo Belum Jadi Tersangka, Kadiv Humas: Sabar Dulu, Masih Proses

“Tadikan disebutkan dalam melakukan olah TKP, seperti Pak Kapolri sampaikan terjadi misalnya pengambilan CCTV dan lain sebagainya,” kata Dedi di Mabes Polri, Sabtu malam 6 Agustus 2022.

Ferdy Sambo termasuk dalam daftar 25 personel Polri yang melakukan pelanggaran prosedur, tidak profesional menangani TKP Duren Tiga.

Ia dan tiga orang lainnya ditempatkan di tempat khusus di Korps Brimob dalam rangka pemeriksaan oleh Pengawasan Pemeriksaan Khusus (Wasriksus) oleh Inspektorat Khusus (Irsus).

Lebih lanjut Dedi menjelaskan, dalam penanganan kasus tewasnya Brigadir J, Kapolri menugaskan dua tim. Yakni Tim khusus (Timsus) yang bekerja secara projusticia untuk mengungkap peristiwa pidananya, dan Irsus bekerja mengungkap pelanggaran kode etiknya.

BACA JUGA:Irjen Ferdy Sambo Ditangkap? Ini Kata Polri

Dilansir JPNN.com, pada siang itu, sebanyak lima orang anggota Brimob dari Satuan Setingkat Pleton (1SST) turun dari Gedung Bareskrim Mabes Polri. 

Kelima anggota tersebut lalu keluar dengan mengenakan seragam lengkap dan senjata laras panjang. Mereka lalu langsung menaiki kendaraan taktis yang telah terparkir di halaman.

Kendaraan taktis tersebut merupakan kendaraan dari Mako Brimob. Kendaraan taktis dari Brimob itu lalu mendatangi Gedung Bareskrim Mabes Polri, yang berada di Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Tak ada satu kata pun keluar dari mulut anggota Brimob yang telah berjaga-jaga pada siang itu. Kedatangan kendaraan taktis tersebut datang pada pukul 13.00 WIB dan langsung terparkir di halaman Mabes Polri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: