Honda

KPU Ogan Ilir Mulai Melakukan Verifikasi Faktual

KPU Ogan Ilir Mulai Melakukan Verifikasi Faktual

KPU Ogan Ilir usai melakukan verifikasi faktual di Partai Gelora Indonesia Kabupaten Ogan Ilir.-Widjan Palpres.com-

OGAN ILIR, PALPRES.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Ilir sejak 16 Oktober 2022, kemarin telah melakukan verifikasi faktual untuk keanggotaan Partai Politik di Bumi Caram Seguguk hingga 4 November 2022 mendatang.
 
 
Ketua KPU Kabupaten Ogan Ilir, Massuryati mengatakan, tanggal 15 Oktober 2022, kemarin KPU RI juga memulai pelaksanaan verifikasi faktual kepengurusan partai politik tingkat pusat dan alamat kantor serta keterwakilan perempuan 30 persen.
 
"Sebelum melakukan verifikasi faktual, kita (KPU Kabupaten Ogan Ilir red) melakukan Rakor persiapan verifikasi faktual parpol calon peserta Pemilu Tahun 2024.
 
Bagi partai yang sudah lolos administrasi, maka akan dilanjutkan ke verifikasi faktual," paparnya, Senin 17 Oktober 2022.
 
 
"Dari Rakor ini kami memberitahukan jadwal verifikasi faktual kepada pengurus parpol.
 
Kemudian, pelaksanaan verifikasi faktual di Ogan Ilir akan kita lakukan dengan mendatangi langsung kantor parpol masing-masing," terangnya.
 
 
Saat mendatangi kantor parpol masing-masing, Tim KPU Kabupaten Ogan Ilir juga akan mengecek kepengurusan, keabsahan, mencocokan dengan data yang ada di Sipol KPU dengan KTA dan SK Kepengurusan dengan KTP atau KK.
 
"Kami juga akan melakukan verifikasi keanggotaan parpol dengan mendatangi langsung anggota partai masing-masing ke rumahnya.
 
Untuk sampelnya akan dilakukan KPU RI dengan teori morgan and krejcie," sambungnya. 
 
 
Setelah verifikasi faktual, Massuryati menyebut, tahapan selanjutnya adalah verifikasi faktual perbaikan.
 
Setelah itu, KPU melakukan rekap berjenjang, bertingkat, dan terakhir KPU akan menetapkan parpol yang lolos untuk menjadi peserta Pemilu 2024.
 
 
"Pengumumannya akan dilakukan pada 14 Desember 2022 mendatang. Jadi, KPU RI yang mengumumkan dan mereka juga mengundi nomor urut," katanya.
 
Minggu 16 Oktober 2022, KPU Ogan Ilir menyambangi kantor kepengurusan Partai Buruh dan Partai Solidaritas Indonesia, Senin 17 Oktober 2022 lanjut ke DPD Partai Gelora dan Partai PBB Ogan Ilir, untuk memverifikasi kepengurusan partai politik oleh para petugas verifikator serta didampingi oleh pihak Bawaslu Kabupaten Ogan Ilir.
 
 
"Kami melakukan verifikasi faktual kepengurusan partai politik dengan menelaah setiap detail yang akan kami verifikasi dengan meneliti item-item yang telah tersedia di dalam formulir Lembar KKerja Verifikasi Faktual KPU Kabupaten/Kota, yaitu diantaranya kehadiran Ketua, Sekretaris dan Bendahara (KSB), Keterwakilan Perempuan dan Domisili Kantor," jelasnya.
 
Dan apabila adanya ketidakhadiran KSB katanya, pihaknya akan mempersilahkan Partai Politik untuk menghadirkan pengurus partai politik melalui Teknologi Informasi.
 
"Semisal dengan melakukan Video Call untuk dilakukan verifikasi," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres .com