Honda

Fasum MCK Tinggal Pasang Pintu, Edukasi Bahaya Stunting

Fasum MCK Tinggal Pasang Pintu, Edukasi Bahaya Stunting

Sarana pemandian umum tinggal memasang pintu, Senin 31 Oktober 2022.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Fasilitas umum (Fasum) Mandi, Cuci dan Kakus (MCK) yang dibangun di atas lahan 2x9 meter persegi tersebut, kini tinggal pemasangan pintu masuk saja, untuk bagian-bagian bangunan lainnya telah diselesaikan.

"Pintu masuknya belum kita pasang sebanyak enam unit, sedangkan keramik tersusun rapi, pun demikian cat, karbin pelindung maupun atap," ungkap Danpok MCK, Serda Ahyar, Senin 31 Oktober 2022.

Untuk itu, masih kata Serda Ahyar, pagar setinggi 120 centimeter (cm) hanya plamir dan melanjutkan menyambung ke bagian sebelah kiri serta kanan MCK.

"Begitu juga tempat khusus cucian dengan tinggi 150 cm dengan konsep terbuka pun selesai. Kini, yang masih berlanjut pemasangan tower tedmond sekaligus mengalirkan sumber air bersih sumur bor ke setiap kamar mandi," terangnya.

BACA JUGA:Dibantu Warga Desa, Serda Satria Awasi Langsung Pemerataan Jalan

Ia menuturkan, pun demikian tangki Bioluks Septic Tank, sehingga limbah cair pembuangan akhir, dapat dikelola dengan bantuan bakteri baik, sehingga hasilnya tidak akan mencemari lingkungan sekitar.

"Hal ini, menggunakan konsep BASEMAH (Bersih, Sehat dan Ramah Lingkungan) 44, merupakan program kerja dari Danrem 44/Gapo, Brigjen TNI M Naudi Nurdika SIP MM MTr Han," jelas Serda Ahyar.

Serda Ahyar menerangkan, paling tidak, dengan adanya sarana memadai ini, baik anak-anak dan dewasa tidak lagi menggunakan Sungai Lematang, yang selama ini begitu ketergantungan sekali.

"Aliran Sungai Lematang belum terjamin kesehatan serta kebersihan, hal tersebut akan mempengaruhi proses tumbuh kembang balita maupun anak-anak, dan pada akhirnya terserang stunting," ungkapnya.

BACA JUGA:Karbin Pelindung Panas dan Hujan Terpasang Sempurna

Ia menuturkan, kini pola pikir diubah, guna mendukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat memberantas stunting hingga 14 persen secara nasional.

"Ini merupakan salah satu misi dalam mendukung program tersebut, dan memang sesuai instruksi Dansatgas TMMD, Letkol Inf Toni Oki Priyono SIP, untuk terus memberikan edukasi kepada warga Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang," tutup Serda Ahyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com