Honda

Jangan Panik, Berikut Ini 5 Cara Mudah Lapor Pajak Secara Online Nggak Pakek Ribet

Jangan Panik, Berikut Ini 5 Cara Mudah Lapor Pajak Secara Online Nggak Pakek Ribet

Jangan Panik, Ini Dia 5 Cara Mudah Lapor Pajak Secara Online.-muhammad iqbal-palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM - Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, pemerintah Indonesia meningkatkan layanan perpajakannya untuk mengoptimalkan penerimaan negara. 

Setidaknya sudah ada 5 situs pajak online dari tahun 2021 yang sudah aktif beroperasi dan bisa digunakan wajib pajak sampai sekarang.

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sebagai pihak yang mengelola penerimaan negara dari sektor pajak pun meluncurkan layanan pajak secara online yakni DJP online dan beberapa situs pajak online lainnya.

5 Sistem untuk Lapor Pajak Online 

BACA JUGA:7 Keunggulan E Faktur untuk Pajak yang Harus Diketahui

Berikut ini adalah sistem dari situs pajak online yang sudah tersedia dan bisa aktif digunakan pada tahun 2022, Apa sajakah itu? Mari simak rangkumannya di bawah ini:

1. e-Registration: Daftar Sebagai Wajib Pajak

e-Registration atau Sistem Pendaftaran Wajib Pajak secara Online adalah sistem aplikasi yang merupakan bagian dari Sistem Informasi Perpajakan DJP.

e-Registration (e-reg) berbasis perangkat keras dan perangkat lunak yang dihubungkan oleh perangkat komunikasi data yang digunakan untuk mengelola proses pendaftaran wajib pajak.

BACA JUGA:Wajib Pajak Diingatkan Segera Bayar PBB, Sebelum Tanggal Ini

Sistem ini terbagi menjadi dua bagian. Pertama, sistem yang dipergunakan oleh wajib pajak yang berfungsi sebagai sarana pendaftaran wajib pajak secara online.

Kedua, sistem yang dipergunakan oleh petugas pajak yang berfungsi untuk memproses pendaftaran wajib pajak.

2. e-Filing: Lapor Pajak Online

e-Filing adalah proses pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) secara online dan real time menggunakan jaringan internet. Aplikasi e-Filing pada DJP online dapat Anda akses di djponline.pajak.go.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com