Honda

Kerajinan Tangan Khas Palembang Ini Wajib Kamu Beli, Dijamin Memikat Hati

Kerajinan Tangan Khas Palembang Ini Wajib Kamu Beli, Dijamin Memikat Hati

Mengenal Kerajinan Laquer Palembang, Sudah Ada Sejak Kerajaan Sriwijaya-Foto: Alhadi Farid/palpres.com-palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM - Kota PALEMBANG merupakan ibukota Provinsi Sumatera Selatan. Di kenal dengan kota yang sarat akan kebudayaan.

Mengunjungi kota Palembang kamu tentu tak akan pulang dengan tangan kosong karena banyak sekali souvenir atau oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang.

Selain kulinernya yang terkenal. Kota Palembang juga menyimpan kerajianan tangan yang patut dibanggakan.

1. Kain Songket

BACA JUGA:Mengenal Kerajinan Laquer Palembang, Sudah Ada Sejak Kerajaan Sriwijaya

Kain Songket Palembang memiliki ciri khas yakni di dominasi dengan warna emas. Kain yang merupakan hasil tenunan khas Palembang ini terbuat dari benang emas.

Kain ini dibuat secara manual dengan alat tenun, bukan menggunakan mesin pabrikan.

Kain ini umumnya dipakai kaum perempua dalam upacara-upacara perkawinan, acara resmi dan acara adat. Kualitas kain khas Palembang ini tidak diragukan lagi.

Selain itu motif maupun kerapatan hasil tenunan juga menentukan harga dari kain songket. jenis jenis tarian Sumatera Selatan bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

BACA JUGA:Songket Palembang, Pengait Budaya Generasi

2. Batik Palembang

Batik Palembang merupakan perpaduan dari kebudayaan Palembang dan Jawa. Batik Palembang mempunyai ciri khasnya sendiri yaitu dengan motif yang halus dan warna manggis. Salah satu Batik Palembang yang terkenal adalah Batik Jepri dan Batik Lasem.

3. Kain Tajung

Kain  Tajung terbuat dari kain sutera dengan warna dan motif yang menarik. Keistimewaan dari Kain Tajung ini adalah kain ini khusus dipakai oleh kaum pria dewasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: