Honda

6 Museum Terbaik di Palembang, Wajib Dikunjungi Saat Libur Sekolah

6 Museum Terbaik di Palembang, Wajib Dikunjungi Saat Libur Sekolah

Museum Negeri Sumsel Balaputradewa, Salah satu museum terbaik di Kota Palembang yang bisa dikunjungi saat libur sekolah--doc palpres.com

Adnan Kapau Gani (1905-1968) lahir di Sumatera Barat dan aktif di Kongres Pemuda 1928 mewakili pemuda Sumatera. Ia pernah menjadi Residen Palembang pertama dan Gubernur Sumatera Selatan pertama, selain di dunia medis, ia juga aktif di kemiliteran.

BACA JUGA:dr AK Gani, Sosok Pejuang Kemerdekaan yang Diusulkan Masuk Gambar di Mata Uang

6. Museum Al-Qur’an

Museum ini bisa menjadi tujuan wisata religi di Palembang, seluruh dinding pada museum ini berupa lembaran-lembaran ayat Al-Qur’an yang dipahat pada kayu tembesu.

Kayu ini dipakai agar dinding tidak dimakan rayap dan akan bertahan lama. Panjang tiap lembaran ayat Al-Qur’an yakni sekitar tinggi pria dewasa, 177 sentimeter. Saking besarnya, museum ini dinobatkan sebagai Al-Qur’an terbesar di dunia. Jadi bukan hanya beberapa lembar ayat saja yang dipahat, namun tiga puluh juz tamat dipahat.

Museum ini memiliki lima lantai yang tiap lantainya terdapat tiga juz pahatan. Untuk itu, setiap pengunjung yang datang diwajibkan memakai pakaian sopan karena terdapat kitab suci. Di bagian tengah museum, terdapat panggung yang bisa dipakai untuk berswafoto. Lembaran-lembaran ayat Al-Qur’an pun bisa diputar bak komidi putar.

Bisa dibilang tampilan lembaran tersebut tampak mewah karena latarnya berdasar warna hitam dengan goresan warna emas. Museum Al-Qur’an ini menjadi hasil karya Sofwatillah Mohzaib yang gemar dengan seni kaligrafi.

Dia memutuskan untuk membuat Al-Qur’an raksasa setelah mendapat bisikan dari mimpinya. Hingga setelah tujuh tahun, proyek pembuatan Al-Qur’an raksasa selesai. Dan dana yang dihabiskan lebih dari satu miliar.

BACA JUGA:Lukisan Kaligrafi Alquran Karya Ust Derry Sulaiman Baru Terjual Rp3,5 Miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: