Honda

6 Museum Terbaik di Palembang, Wajib Dikunjungi Saat Libur Sekolah

6 Museum Terbaik di Palembang, Wajib Dikunjungi Saat Libur Sekolah

Museum Negeri Sumsel Balaputradewa, Salah satu museum terbaik di Kota Palembang yang bisa dikunjungi saat libur sekolah--doc palpres.com

BACA JUGA: Menelusuri Peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam di Masjid Agung SMB I Jayo Wikramo

4. Monumen Perjuangan Rakyat

Monumen Perjuangan Rakyat merupakan bangunan museum yang dipakai untuk menyimpan semua benda yang dipakai rakyat Palembang untuk melawan penjajah. Nama monumen ini biasa disingkat dengan sebutan Monpera dan berada di dekat Jembatan Ampera.

Monpera dibuat sebagai tugu peringatan atas usaha rakyat melawan penjajah selama lima hari. Bentuk bangunan dibuat seperti melati yang memiliki lima kelopak. Bunga ini menjadi analogi kesucian hati pejuang. Lalu pada sisi depan monumen, terdapat patung burung garuda raksasa berwarna hitam. Di bagian depan area, terdapat lapangan dengan tank dan patung Gading Gajah.

Arsitektur Monpera dibuat mirip dengan tanggal kemerdekaan Indonesia. Yakni tanggal tujuh belas diimplementasikan sebagai tinggi monumen. Bulan delapan diimplementasikan sebagai lantai monumen dan pada tahun 45 diimplementasikan sebagai bidang monumen.

Fungsi dari Monpera secara tertulis dituangkan pada tulisan yang ada di bawah burung garuda. Secara singkat, berisi tentang adanya aksi untuk menggiatkan kesadaran sejarah sebagai contoh dalam meraih cita-cita negeri.

BACA JUGA:4 Rekomendasi Destinasi Wisata Religi Populer di Palembang

Ragam sarana yang disediakan di museum ini yaitu ruang perpustakaan, auditorium, bengkel, penyimpanan koleksi, pamer tatap, dan audio visual. Ada lebih dari lima ratus benda peninggalan maupun foto lawas yang menjadi koleksi di museum ini.

Serta juga terdapat patung tujuh pahlawan nasional yang dipajang dan koleksi alat tukar dari zaman VOC hingga kolonialisme Jepang.

Museum ini bisa menjadi jujukan wisata sejarah untuk edukasi pengunjung. Tiket yang dikenai saat masuk museum ini bermacam-macam.

Untuk pelajar dikenai tiket seharga seribu rupiah dan untuk mahasiswa dikenai tiket seharga dua ribu rupiah serta untuk pengunjung umum domestik dikenai tiket seharga lima ribu rupiah dan untuk pengunjung umum mancanegara dikenai tiket seharga dua puluh ribu rupiah.

BACA JUGA:9 Wisata Religi di Palembang, Satunya Dibangun Tahun 1728

5.  Museum AK Gani

Museum Pahlawan Nasional Mayor Jenderal TNI (Purn.) dr. A.K. Gani berdiri pada 2004 yang dikelola oleh Priyanti Gani. Sebagai museum pribadi, Museum dr. A.K. Gani memamerkan berbagai koleksi yang berhubungan dengan sang tokoh.

Koleksi artefak terbanyak adalah barang-barang yang pernah dipakai semasa hidup dr. A.K. Gani, seperti alat-alat kedokteran dan alat-alat perang. Lalu ada sepeda tua yang dipakai untuk mendatangi pasien-pasien di tempat-tempat yang jauh.

Mobil jeep yang pernah menemani dr. A.K. Gani bergerilya, dipajang di luar pintu masuk museum. 

Koleksi lainnya berupa foto-foto hitam putih, lukisan, surat-surat asli keputusan presiden, piagam penghargaan, dan sekitar 2.000 judul buku.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: