Honda

Survey Polstat, Ini 10 Menteri Kinerja Terbaik, Ada yang Layak Jadi Capres 2024

 Survey Polstat, Ini 10 Menteri Kinerja Terbaik, Ada yang Layak Jadi Capres 2024

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, tiga Menteri Kabinet Jokowi yang dianggap kinerjanya terbaik.-Net-

Ketika Polstat menanyakan kepada responden, Presiden RI pasca Jokowi nanti sebaiknya seorang tokoh yang berlatar belakang apa, sebanyak 28,1% menyebut tokoh yang berlatar belakang TNI (militer).

BACA JUGA:Serunya Berlayar di Taman Nasional Komodo, Sandiaga Uno: Super Keren Banget!

Kemudian sebanyak 20,7% menyebut tokoh yang berlatar belakang politisi atau berasal dari parpol dan 18,2% lebih menyukai capres yang memiliki latar belakang akademisi (ilmuwan).

Ketidakpastian geopolitik dunia belakangan ini nampaknya mempengaruhi preferensi publik yang mendambakan hadirnya seorang pemimpin nasional yang berlatar belakang TNI.

Salah satu temuan yang juga menarik dari survei Polstat kali ini adalah munculnya nama KSP Moeldoko.

Selain sebagai salah satu dari 10 menteri berkinerja terbaik, KSP Moeldoko juga dipersepsikan publik sebagai menteri yang paling layak menjadi capres setelah nama Menhan Prabowo Subianto.

BACA JUGA:Sandiaga Uno Tak Ingin Nonton Piala Dunia Langsung Sebelum Timnas Indonesia jadi Bagian, Netizen: Boro-boro

Selama ini Moeldoko mungkin tidak teridentifikasi sebagai capres oleh berbagai lembaga survei dan mantan Panglima TNI itu juga tidak pernah mensosialisasikan diri sebagai capres.

Namun publik luas nampaknya mengapresiasi KSP Moeldoko yang begitu fokus mengawal program kerja Presiden Jokowi dan rajin menyodorkan solusi atas berbagai masalah aktual;yang tengah dihadapi bangsa dan rakyat Indonesia.

Dengan tingkat swing voters yang masih tergolong tinggi (36,5%) KSP Moeldoko masih berpeluang menyodok papan atas dalam rating survei capres 2024. Apalagi saat ini ia menjadi satu-satunya capres papan tengah yang paling moncer.

Di saat hampir semua capres papan tengah dan papan bawah mengalami stagnasi elektabilitas, hanya Moeldoko yang mengalami kenaikan elektabilitas. Moeldoko bisa menjadi capres new comer yang mengejutkan.

BACA JUGA: Harga Minyak Dunia Turun, Tetapi BBM Naik, Ini Kata Sri Mulyani

Survei Polstat dilaksanakan pada tanggal 1 - 10 November 2022 di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Populasi dari survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih atau seluruh penduduk Indonesia yang minimal telah berusia 17 tahun dan/atau belum 17 tahun tetapi sudah menikah.

Jumlah sampel sebesar 1200 responden, diperoleh melalui teknik pencuplikan secara acak bertingkat (multistage random sampling). Margin of error +/- 2.8 persen, dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fajar.co.id