Honda

Patut Diteladani, Kebaikan Raden Kuning Mirip Legenda Robin Hood

Patut Diteladani, Kebaikan Raden Kuning Mirip Legenda Robin Hood

Kepala UPTD Museum Negeri Sumsel dan Taman Budaya Sriwijaya Chandra Amprayadi (kanan) berbincang dengan Kailani, pengurus makam Usang Raden Kuning di TPU Lubuk Lesung, Desa Seri Tanjung, Tanjung Batu, Ogan Ilir. -muhammad iqbal-palpres.com

OGAN ILIR, PALPRES.COM - Tidak banyak data yang diperoleh Tim Museum Negeri Sumatera Selatan (Sumsel) dan Taman Budaya Sriwijaya saat melakukan tapak tilas sejarah keberadaan sosok Raden Kuning yang makamnya berada di Taman Pemakaman Umum (TPU) Lubuk Lesung, Desa Seri Tanjung, Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten OGAN ILIR (OI). 

Hanya serpihan-serpihan cerita yang masih lekat di telinga warga setempat.

Ditanya lebih jauh perihal siapa sebenarnya sosok Raden Kuning. Si pengurus makam, Mang Sekai mengakui miskinnya cerita yang dia miliki perihal Usang Raden Kuning yang pusara dan batu nisannya dicat kuning keemasan.

“Dak banyak cerita yang saya terima dari tetua-tetua dahulu, hanya beberapa cerita, yang juga saya tidak tahu kebenaran cerita itu,” tutur Mang Sekai. 

BACA JUGA:Jangan Ditiru! Makam Usang Raden Kuning Sempat Disalahgunakan Pelaku Syirik

Mang Sekai mencontohkan bahwa sosok Usang Raden Kuning dikenal punya kemampuan mengambil harta seseorang yang kikir lalu diberikan kepada orang lain yang dinilai lebih berhak atas harta tersebut.

“Iya bisa dikatakan bahwa Raden Kuning ini Robin Hood-nya Sumatera Selatan,” tutur Mang Sekai.

Kepala UPTD Museum Negeri Sumsel dan Taman Budaya Sriwijaya H Chandra Amprayadi SH menimpali, dari cerita yang dia peroleh dari beberapa sumber menyebutkan bahwa sosok Raden Kuning di Desa Seri Tanjung ini memiliki keterkaitan dengan Raja Palembang yang alim, wara’ dan tawadhu bergelar Pangeran Ratu Sultan Jamaluddin Mangkurat VI yang memerintah 1652-1659. 

Setelah wafatnya disebut Pangeran Sido ing Rejek dan makamnya berada di Desa Sakatiga, Indralaya, Ogan Ilir.

BACA JUGA:Giliran Pemegang Kartu KIS BPJS Kesehatan Dapat Saldo Dana Gratis Tahun 2023, Ini Kriterianya

BACA JUGA:Download Aplikasi JMO Langsung Dapat Saldo Dana Gratis Rp10 Juta dari BPJS Ketenagakerjaan, Cek Syaratnya

Chandra menyebutkan, banyak pengikut Pangeran Sido ing Rejek yang mengundurkan diri dari kejaran kolonial Belanda hingga daerah pedalaman. 

Selain di Sakatiga, sebagai menetap di Pondok (Limbang Jaya), Tanjung Batu hingga Seri Tanjung. 

Salah satunya Raden Kuning ini yang diyakini sebagai orang kepercayaan Pangeran Sido ing Rejek dengan sejumlah kelebihan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com