Honda

15 Kejadian Paling Viral di Indonesia Sepanjang Tahun 2022, Nomor 7 Paling Heboh!

15 Kejadian Paling Viral di Indonesia Sepanjang Tahun 2022, Nomor 7 Paling Heboh!

15 Kejadian Paling Viral di Indonesia Tahun 2022, Nomor 7 Paling Heboh!--doc palpres.com

BACA JUGA:Modal Isi Survey Dapat Saldo DANA Gratis Langung Cair Rp500 Ribu Setiap Hari

9. Data Masyarakat Indonesia Bocor hingga Hacker Bjorka

Di samping kasus Ferdy Sambo, pertengahan 2022 juga dihebohkan dengan kabar bahwa jutaan data masyarakat Indonesia bocor. Yang menjadi masalah, bukan hanya satu-dua kali peristiwa ini sudah terjadi.

Tercatat, pada Agustus 2022, 17 juta data pelanggan PLN mengalami kebocoran. Selang sebulan berikutnya, 102 juta data masyarakat yang berasal dari Kementerian Sosial (Kemensos) juga bocor dan dilaporkan dijual di dark web.

Akibat peristiwa ini, kinerja Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sebagai garda terdepan dalam bidang komunikasi dan informatika di Tanah Air lantas mendapat sorotan. Ramai orang yang menjadi hilang kepercayaan dengan lembaga yang satu ini.

BACA JUGA:Akun Bjorka Sentil Kasus Ferdy Sambo

Menanggapi kebocoran data tersebut, pihak Kominfo lantas mengajak masyarakat agar senantiasa melindungi data pribadi mereka dengan rutin mengganti password.

Selain itu, Semuel Abrijani selaku Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) Kominfo sempat meminta kepada para hacker agar tidak melakukan penyerangan terhadap data warga Indonesia.

Di tengah maraknya isu kebocoran data masyarakat Indonesia, muncul sosok hacker alias peretas yang menimbulkan kehebohan di Tanah Air yang disebut dengan Hacker Bjorka.

Bjorka mengklaim bahwa dirinya mengantongi 1,3 miliar data registrasi SIM prabayar masyarakat Indonesia beserta dokumen-dokumen "penting", seperti dokumen surat-menyurat Presiden Joko Widodo.

BACA JUGA:Jokowi Bentuk Tim Satgas, Bjorka: Semoga Beruntung!

Bukan hanya itu, salah satu aksinya yang paling menarik perhatian adalah dirinya yang membocorkan data pribadi milik Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johnny G. Plate. Informasi yang meliputi alamat, Nomor Induk Kependudukan (NIK), hingga nama orang tua dan istri tersebut ia bagikan di grup Telegramnya pada 10 September 2022 lalu.

10. Fenomena Citayem Fashion Week

Fenomena Citayem Fashion Week merupakan salah satu kejadian yang sempat viral di tahun 2022 yang melahirkan sosok Jeje dan Bonge. Fenomena tersebut viral karena terdapat banyak foto dan video yang mengabadikan aksi remaja nongkrong di sekitar Sudirman, Jakarta Pusat.

Alhasil, keadaan tersebut menyebabkan adanya penciptaan kepanjangan baru dari SCBD, yaitu Sudirman, Citayam, Bojong Gede, dan Depok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: