Honda

Marak Pesan Berantai Penculikan Anak di Sekolah, Polisi Pastikan Hoax, Ini Tips Agar Anak Terhindar Penculikan

Marak Pesan Berantai Penculikan Anak di Sekolah, Polisi Pastikan Hoax, Ini Tips Agar Anak Terhindar Penculikan

Kapolrestabes Palembang, Kombes pol Mokhamad Ngajib menegaskan informasi adanya percobaan penculikan terhadap siswa SD Negeri 239 Palembang adalah hoax.-Kurniawan-Palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM- Mengenai adanya informasi dugaan percobaan penculikan terhadap siswa SD Negeri 239 di Jalan Srijaya Pakjo Kecamatan Alang-Alang Lebar, Palembang ditanggapi serius oleh Kapolrestabes Palembang, Kombes pol Mokhamad Ngajib. 

“Untuk masalah itu tidak benar, informasi yang didapatkan itu hoax. Karena anggota kita sudah melakukan pengecekan ke sekolah tersebut,” ujarnya, Sabtu 28 Januari 2023.

Dirinya menjelaskan, bahwa setelah mendapatkan adanya informasi itu yang diduga penculikan, anggota langsung bergerak ke tempat sekolah, dan di saat itu kondisi sekolah sedang dalam pembelajaran.

“Tidak hanya itu, hingga saat ini kita belum menerima adanya kasus penculikan, apalagi anggota kita sudah terjun dan memastikan informasi yang beredar tidak benar atau hoax karena saat itu aktivitas anak sedangkan dalam pembelajaran,” bebernya.

BACA JUGA:Benarkah Ada Kandungan Narkoba di Liquid Vape? Begini Tanggapan Direktur Ditresnarkoba Polda Sumsel

Dirinya menuturkan, bahwa pesan WhatsApp berantai mengenai percobaan penculikan itu dipastikan hoax. Untuk itu lanjut dia mengatakan, bahwa pihaknya menghimbau kepada semua orang tua tidak perlu khawatir, dan mencegah terjadinya aksi penculikan dengan menjemput anaknya datang terlebih dahulu sebelum anaknya keluar dari kelas.

Kemudian sebaliknya jika pagi hari dan siang hari, saat sang anak masuk sekolah, jangan pulang dulu sebelum sang anak masuk kelasnya, hal ini untuk meningkatkan kewaspadaan.

Ia menegaskan upaya pencegahan harus dioptimalkan. “Belajar dari kasus ini, kami berharap ini tidak terulang lagi di masa mendatang. Apalagi aspek pencegahan harus diutamakan,” jelas dia.

BACA JUGA:Tampik Berita Bohong Hingga Ujaran Kebencian Dibahas dalam Dialog Publik Jelang Pemilu 2024

Dirinya mendesak semua pihak untuk bekerja sama mendorong perlindungan anak. “Semua pihak, baik itu orang tua, masyarakat, pemerintah, maupun aparat (penegak hukum,red) harus bersama-sama memastikan bahwa langkah-langkah perlindungan anak dapat dilaksanakan dengan baik untuk mengurangi ancaman yang dapat merugikan (anak-anak, red),” jelasnya.

Berita Terkait, Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK akan berikan dukungan penuh terkait pelaksanaan Dzikir dan Haul Akbar Asy-Syeikh Kiai H Mgs Abdul Hamid (Kiai Muara Ogan) Bin Asy-Syeikh Kiai H Mgs Mahmud yang ke-122 pada 19 Febuari nanti.

Hal itu disampaikan langsung oleh Irjen Pol Rachmad melalui Kabid humas polda Sumsel Kombes Po Drs Supriadi MM saat dimintai keterangannya oleh wartawan usai menerima audiensi bersama panitia pelaksana Dzikir dan Haul Akbar di Ruang Delegasi Lantai 2 Gedung Presisi Polda Sumsel Jalan Jenderal Sudirman KM 4 Palembang, kemarin.

Dikatakan Supriadi bahwa pelaksanaan Haul yang rutin dilakukan setiap tahun tersebut juga untuk mengenang perjuangan dakwah Kiai Marogan di Kota Palembang.

BACA JUGA:Benarkah Koin Rp1.000 Kelapa Sawit Bernilai Rp100 Juta? Ini Faktanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com