Honda

Babinsa Koramil 405-03/Kikim Datangi Pemilik Kebun Tumpang Sari, Ternyata Bahas Ini Lho

Babinsa Koramil 405-03/Kikim Datangi Pemilik Kebun Tumpang Sari, Ternyata Bahas Ini Lho

Anggota Babinsa Koramil 405-03/Kikim, Serda Andi Yupiter bersama pemilik kebun sayur mayur, Sabtu 5 Februari 2023.-Dok Koramil 405-03/Kikim-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Bercocok tanam tidak hanya di lahan kosong atau areal khusus untuk berkebun, hal ini dapat dilihat kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) mengunjungi pemilik tanaman sayur mayur di Desa Penantian, Kecamatan Kikim Barat, Kabupaten Lahat, yang memanfaatkan lahan tumpang sari.

“Betul, bukan hanya ada tanaman sayur mayur saja, akan tetapi, disampingnya terdapat kebun kopi dan karet,” sebut Anggota Babinsa, Serda Andi Yupiter mewakili Danramil 405-03/Kikim, Kapten Inf Bambang Nur Ragil, Sabtu 5 Februari 2023.

Biasanya, lanjut Serda Andi Yupiter, apabila menanam dengan mekanisme tumpang sari, tumbuhan tersebut kebanyakan tidak bertahan hidup lebih lama.

“Disini yang saya lihat sendiri, sayuran tumbuh dengan subur dan rimbun yang mana dapat membantu program ketahanan pangan,” ungkapnya.

BACA JUGA:Dituntut Tampil Prima, Prajurit Kodim 0405/Lahat dan Persit KCK Lakukan Ini

Disamping itu, masih kata dia, secara tidak langsung dapat membantu petani dari segi penghasilan tambahan, guna memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari.

“Zaman sekarang ini, tentunya pintar-pintar kita untuk menggunakan peluang sekecil apapun, dengan demikian, hasil panen dapat dijual guna mencukupi ketersediaan sumber pangan,” terang Serda Andi Yupiter.

Serda Andi Yupiter menerangkan, dari hasil tatap muka banyak hal yang dibahas, bagaimana cara kerja sehingga tanaman sayur mayur tumbuh dengan subur dan berkembang.

"Jelas ini dibutuhkan kesabaran, keuletan serta ketelatenan untuk mengelola lahan, sehingga dapat ditanami berbagai jenis sayuran, yang bisa dikonsumsi sendiri dan dijual dipasaran," harapnya.

BACA JUGA:Prakerja Gelombang 48 Dibuka, 4 Tipe NIK KTP Bisa Dapat Cuan Rp4.200.000, Cek Syaratnya Disini!

Terpisah, Camat Kikim Barat, Darwis Salim SE MM mengemukakan, di wilayah kerjanya memang sudah banyak warga yang tidak bergantung terhadap kopi, karet ataupun kelapa sawit, sebagai komoditi.

"Kini, mereka pun memanfaatkan lahan dengan cara tumpang sari menanam bibit sayuran sebagai penghasil tambahan bagi keluarga," ulasnya.

Dari sinilah, lanjut dia, Program Pemerintah Pusat yakni ketahanan pangan terus berlanjut sebagaimana mestinya.

BACA JUGA:Pemilik KIS Cukup Ketik NIK e-KTP pada cekbansos.kemensos.go.id, Bisa Dapat Rp200.000!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com