Honda

BERUNTUNG, Pemilik KKS Rekening Bank Ini Bansos BPNT Tahap 3 Rp400.000 Cair Duluan

BERUNTUNG, Pemilik KKS Rekening Bank Ini Bansos BPNT Tahap 3 Rp400.000 Cair Duluan

Pemerintah kembali akan menyaluran bansos tambahan sembako beras 10 Kilogram tahap 3 Alokasi Mei kepada KPM -palpres.com-

PALEMBANG,PALPRES.COM- Pemerintah sampai saat ini masih terus menyalurkan bantuan sosial (Bansos) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh Indonesia. 

Untuk Bansos PKH dan BPNT saat ini telah memasuki tahap 2 yaitu Alokasi Bulan April,Mei dan Juni. 

Seperti diketahui, terdapat 2 mekanisme penyaluran Bansos pada tahun 2023 ini.

Pertama, penyaluran Bansos melalui PT Pos Indonesia secara tunai dan kedua penyaluran melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Merah putih atau melalui Bank Himbara secara non tunai. 

BACA JUGA:SIAP-SIAP! 7 Bansos Bakal Cair Hingga Akhir Mei 2023, Catat Tanggalnya Ya

Perlu KPM ketahui, jika terdapat perbedaan periode pada 2 mekanisme penyaluran Bansos ini khususnya untuk Bansos BPNT. 

Jika KPM yang penyaluran Bansos PKH dan BPNT melalui PT Pos Indonesia, maka penyaluran bantuannya per triwulan yaitu tahap 1 Bulan Januari,Februari,Maret dan tahap 2 Bulan April,Mei dan Juni. 

Nah seangkan penyaluran melalui KKS Bank Himbara, untuk Bansos PKH penyalurannya sama dengan Kantor Pos yaitu per triwulan. Sementera penyaluran BPNT berbeda yaitu per 2 bulan yaitu tahap 1 alokasi Januari-Februari, tahap 2 alokasi Maret-Apri dan tahap 3 alokasi Mei-Juni). 

Mengingat adalana selisih periode penyaluran untuk program sembako antara bank himbara dan PT Pos Indonesia Kemensos berusaha mempercepat mengejar target penyaluran, agar tidak terpaut jarak masa pencairannya.

BACA JUGA:ALHAMDULILLAH, Pencairan Bansos PKH Tahap 2, BPNT dan Beras 10 Kg Mulai Besok 13 Mei 2023 Lewat POS

Namun ada beberapa kondisi yang bisa membuat KPM pemegang Kartu KKS bisa mendapatkan bansos BPNT tahap 3 lebih dahulu dari KPM pemegang Kartu KKS lainnya. 

Adpaun kondisi yang dimaksud diantaranya: 

1. KPM yang memiliki kartu KKS namun karena berdomisili di wilayah terpencil sehingga akses internet dan telekomunikasi tidak terjangkau atau sangat sulit termasuk daerah 3T , sehingga penyaluran BPNT dialihkan ke PT Pos Indonesia. 

Meski memiliki kartu KKS pada kondisi ini pencairannya ditarik secara tunai melalui PT Pos menyesuaikan periode penyaluran PT Pos yaitu di tahap 2 ini Alokasi April,Mei dan Juni. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: