Honda

Literasi Digital Kemenkominfo Ajak Pelajar SD di Kota Prabumulih Kenali dan Setop Cyberbullying

Literasi Digital Kemenkominfo Ajak Pelajar SD di Kota Prabumulih Kenali dan Setop Cyberbullying

Literasi Digital Kemenkominfo Ajak Pelajar SD di Kota Prabumulih Kenali dan Setop Cyberbullying.--kemenkominfo ri

PRABUMULIH – Misi menyebarluaskan vitamin “Makin Cakap Digital” terus dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) di berbagai daerah di tanah air, termasuk di wilayah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Kali ini berkolaborasi dengan sejumlah Sekolah Dasar (SD) di Kota Prabumulih, Provinsi Sumatera Selatan, Kemenkominfo RI melaksanakan webinar literasi digital Sektor Pendidikan. 

Webinar yang mengusung tema “Cyberbullying: Apa itu dan bagaimana cara menghentikannya” bakal diselenggarakansecara virtual pada Selasa, 16 Mei 2023 pukul 09.00-11.00 WIB.

Runner Literasi Digital wilayah Sumatera Selatan Suryati Ali menuturkan, kegiatan literasi digital di lingkungan pendidikan ini merupakan salah satu upaya Kemenkominfo dalam mempercepat transformasi digital di sektor pendidikan menuju Indonesia #MakinCakapDigital.

BACA JUGA:Webinar Literasi Digital Bekali Pelajar SMPN 7 Prabumulih Sigap Hadapi Tantangan Hoaks dalam Dunia Pendidikan

Kegiatan Literasi Digital Sektor Pendidikan di Provinsi Sumatera Selatan merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kemenkominfo untuk memberikan literasi digital kepada 50 juta orang masyarakat Indonesia hingga tahun 2024. 

“Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi digital secara cerdas, positif, produktif, dan aman, yaitu dengan menyuguhkan materi yang didasarkan pada 4 pilar utama literasi digital yakni kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital,” ulas Suryati.

Kemudian ia mengutip laporan We Are Social yang menyebutkan jumlah pengguna internet di Indonesia pada Januari 2022 mencapai 204,7 juta orang atau meningkat 2,1 juta dari tahun sebelumnya, dan dimana 191,4 juta penggunanya menggunakan media sosial. 

Hanya saja penggunaan internet tersebut justru menimbulkan sejumlah risiko, sehingga peningkatan penggunaan teknologi internet perlu diimbangi dengan kemampuan literasi digital yang baik agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital secara bijak dan tepat. 

BACA JUGA:PERHATIAN! Modal KK, Pemilik e-KTP Bisa Dapat BLT BPNT Sembako Rp400.000, Cair Via ATM

Sementara berdasar hasil survei Indeks Literasi Digital Nasional oleh Kemenkominfo bersama Katadata Insight Center (KIC), didapatkan skor atau tingkat literasi digital masyarakat Indonesia pada tahun 2022 berada pada angka 3,54 poin dari skala 1-5. 

Hasil ini kata Suryati menunjukkan bahwa tingkat literasi digital di Indonesia masih berada dalam kategori sedang. 

“Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kemenkominfo, bapak Semuel Abrijani Pangerapan menilai indeks literasi digital Indonesia belum mencapai kategori baik. Sehingga angka ini perlu terus kita tingkatkan dan menjadi tugas kita bersama untuk membekali masyarakat kita dengan kemampuan literasi digital,” urai Suryati lagi.

Nah, pada webinar yang menyasar target segmen pelajar ini, rencananya akan diisi secara virtual oleh beberapa narasumber yang berkompeten dalam bidangnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenkominfo