Honda

Kloter 1 Tiba Sudah di Palembang, Jemaah Haji Kloter 2 Tiba Hari Ini

Kloter 1 Tiba Sudah di Palembang, Jemaah Haji Kloter 2 Tiba Hari Ini

Jemaah asal Oku Timur beiringan keluar dari Pesawat Saudi Airlines, melalui garbarata Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Kamis, 6 Juli 2023.-Foto: Alhadi Farid-Palpres.Com

BACA JUGA:4 Keistimewaan Ibadah di Hari Jumat, No 4 Merupakan Karunia Luar Biasa

Jemaah kemudian dibawa menggunakan delapan bus ke asrama haji. Selain itu disiapkan juga satu bus, tiga ambulan, dan dua minibus untuk mengangkut jemaah sakit, disabilitas, dan lansia. 


Jemaah satu persatu menaiki bus yang akan mengantar merak ke Asrama Haji, Palembang, Sumsel, Kamis, 6 Juli 2023.-Foto: Alhadi Farid-Palpres.Com

Saat tiba di asrama haji, para jemaah diarahkan ke aula untuk menjalani pemeriksaan kesehatan menggunakan thermal scanner. 

Pemeriksaan dilakukan untuk mendeteksi suspek Covid-19 dan influenza like illness (ILI). 

Jemaah yang memenuhi kriteria suhu 38 derajat celcius atau lebih disertai batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan sesak nafas, maka dilakukan pemeriksaan RDT Antigen dan Swab PCR. 

BACA JUGA:5 Daerah dengan Biaya Hidup Paling Mahal di Riau, Ternyata Pekanbaru Juaranya, Bikin Syok Lihat Nominalnya

Bagi jemaah yang dinyatakan sehat bisa langsung kembali ke daerahnya masing-masing. 

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Palembang Emmilya Rosa menjelaskan, jemaah yang baru datang dari Arab Saudi diberikan Kartu Kewaspadaan Kesehatan Jemaah Haji (K3JH). 

Jemaah akan dipantau selama 14 hari oleh dinas kesehatan masing-masing. 

Apabila selama pemantauan ada gangguan kesehatan, jemaah diminta melapor ke fasilitas kesehatan terdekat seperti Puskesmas dengan membawa K3JH. 

BACA JUGA:Ini Top 100 Kampus Terbaik Dunia Versi QS World University Rangkings 2024, Kampusmu Masuk Nggak?

Apabila dalam kurun waktu 14 hari, gejala penyakit tidak muncul, jemaah diminta untuk menyerahkan K3JH ke Puskesmas terdekat. 

“Di debarkasi kita juga menerima kalau ada jemaah yang ingin memeriksakan diri. Kita sudah siapkan poliklinik dan siap memberikan pelayanan maksimal,” jelas Emmilya. 

Sementara itu, Direktur Swarna Dwipa Pengelola Asrama Haji Debarkasi Palembang menjelaskan, jemaah kloter 1 ini setelah melalui proses penerimaan akan langsung dibawa ke OKU Timur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: