Honda

3 Jenis Batu Akik Bacan yang Paling Diburu Kolektor, Kamu Sudah Punya Koleksi yang Mana?

3 Jenis Batu Akik Bacan yang Paling Diburu Kolektor, Kamu Sudah Punya Koleksi yang Mana?

3 jenis batu akik bacan yang paling diburu kolektor --

Berbeda dengan dua jenis sebelumnya yaitu doko dan palamea yang harus berproses sebelum menjadi kristal. Batu obi tidak memerlukan hal tersebut, oleh sebab itu, batu ini juga menjadi barang buruan pecinta batu akik walaupun bukan merupakan “batu hidup” karena tidak bisa berubah lagi.

BACA JUGA:Masih Diburu Kolektor Uang Kuno, Koin Rp50 Komodo Laku Rp2 Juta per Keping, Kamu Punya?

Kelebihan lain dari Batu bacan obi adalah tingkat kekerasan yang lebih tinggi dibanding jenis lainnya sehingga lebih tahan banting.

Karena harganya yang ekonomis dan lebih terjangkau dibanding dengan batu bacan doko dan palamea, Batu bacan obi sangat digemari para pecinta batu akik. 

3. Batu Bacan Doko

Batu bacan pertama diberi nama doko karena berasal dari daerah Doko yang berada di Halmahera Selatan, Maluku Utara, tidak sedikit juga pecinta batu akik yang menyebut batu bacan doko dengan nama batu bacan cincau, karena batu akik ini memiliki warna yang hijau tua kehitam-hitaman.

BACA JUGA:KISAH SAHABAT NABI: Hakim bin Hizam, Saudagar Dermawan yang Gemar Memerdekakan Budak 

Jika terus digunakan lama kelamaan batu bacan doko akan berubah menjadi kristal setelah dipakai. jika batu akik ini sudah bermetamorfosa, harganya akan menjadi fantastik dan tentu saja bagi yang mengoleksi baru jenis ini akan menjadi keuntungan besar dan dapat menjadi ladang investasi bagi kolektor batu akik. 

Kelebihan lain dari Batu bacan doko ini dapat menyerap unsur mineral yang ada di sekitarnya, jika diletakkan batu ini berada di dekat emas, maka batu ini semakin lama akan memiliki unsur warna sedikit kekuningan layaknya warna emas. begitu juga jika didekatkan dengan perak, atau batu alam berwarna lainnya. 

Karena kelebihan itulah batu bacan doko banyak diburu oleh para pencinta batu akik khusus para kolektor yang hendak menjadikannya salah satu koleksi.

Sebagian besar orang membeli batu bacan doko yang masih berwarna hitam pekat karena harganya masih terjangkau, tapi tentunya menuntut kesabaran anda untuk menunggu batu ini berubah warna.

BACA JUGA:Lanjutkan Edukasi Safety Riding ke Generasi Milenial, Astra Motor Sumsel Sambangi SMA Muhammadiyah 5 Palembang

Jadi itulah jenis-jenis Batu bacan yang wajib kalian koleksi selain dapat menyalurkan hobi mengoleksi Batu bacan juga. (frs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: