Honda

Surat Perintah Pencairan Dana Turun Lagi, Bansos PKH Tahap 3 Cair di Seluruh Indonesia Hari Ini

Surat Perintah Pencairan Dana Turun Lagi, Bansos PKH Tahap 3 Cair di Seluruh Indonesia Hari Ini

Kemensos telah menerbitkan 2 Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) untuk pencairan PKH tahap 3 termin 3 dan 4 yang mulai disalurkan hari ini seluruh Indonesia-palpres.com-

JAKARTA,PALPRES.COM- Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) turun lagi, Bansos PKH tahap 3 cair di seluruh Indonesia hari ini. 

Kementerian Sosial (Kemensos) RI terus mempercepat proses pencairan Bansos PKH tahap 3.

Di akhir Agustus 2023 ini, sudah turun 2 SP2D untuk PKH tahap 3 termin 3 dan 4.

Artinya, jangkauan penerima bantuan reguler dari Kementerian Sosial ini semakin luas, dan semakin banyak KPM yang akan menerima pencairan pada akhir bulan Agustus 2023 ini. 

BACA JUGA:Sudah Diterbitkan Surat Perintah Membayar, Bansos BPNT Rp400.000 Cair Lewat ATM di Wilayah-wilayah Ini

Adapun mekanisme pencairan tahap 3 ini sedikit berbeda dibandingkan tahap sebelumnya, khususnya bagi KPM yang mekanisme penyalurannya melalui KKS ATM Bank Himbara. 

Berdasarkan Surat edaran dari Kemensos RI, mekanisme penyaluran PKH Juli hingga Desember 2023 terdapat 2 skema penyaluran PKH per triwulan berlaku untuk PT Pos, per dua bulan berlaku untuk KKS Bank Himbara.

Bagi KPM yang menerima bantuan menjadi per 2 bulan akan terdapat penyesuaian jadwal penyaluran dan besaran bantuan yang diterima. 

Maka perlu disampaikan informasi tersebut dan dapat dimengerti.

BACA JUGA:Status Sudah Tersalur! Bansos BPNT Sembako Juli - Agustus Rp400.000 Cair Awal September

Lalu berapa nominal bantuan yang diterima oleh KPM pemegang KKS Bank Himbara

Komponen Kesehatan meliputi:

- Ibu hamil dan Balita 0-6 jika pada tahap sebelumnya menerima bantuan sebesar Rp750.000 per triwulan, maka pada tahap 3 ini bantuan yang diterima Rp500.000 per 2 bulan dengan akumulasi bantuan Rp3.000.000 per tahun. 

Komponen Kesejahteraan Sosial meliputi: 

- Disabilitas dan Lanjut usia (Lansia) yang sebelumnya mendapatkan alokasi bantuan untuk periode 3 bulan sebesar Rp600.000, maka pada tahap ini mendapat bantuan sebesar Rp400.000  per KPM, dengan total bantuan yang diterima Rp2.400.000 per tahun. 

Komponen Pendidikan meliputi: 

BACA JUGA:INFO TERBARU! Bansos PKH Tahap 3 Cuma Cair 2 Bulan untuk 431 Daerah Ini, Ada Daerah Kamu?

- Anak usia sekolah Dasar jika tahap sebelumnya menerima bantuan Rp225.000 per tahap, maka tahap ini hanya memperoleh alokasi 2 bulan Rp150.000 per KPM dengan total bantuan Rp900.000 per tahun

- Anak usia Sekolah Menengah Pertama jika ditahap sebelumnya menerima alokasi bantuan Rp375.000 pada tahap ini mendapatkan bantuan PKH sebesar Rp250.000 (Juli-Agustus) dengan total Rp1.500.000.

- Anak usia Sekolah Menengah Atas, bantuan PKH yang diterima pada tahap 3 ini hanya sebesar Rp333.333 dari sebelumnya menerima bantuan sebesar Rp500.000 per KPM dengan total per tahun Rp2.000.000. 

Lalu mengapa ada perbedaan pencairan pada tahap ini?

BACA JUGA:Bansos BPNT Juli-Agustus 2023 Cair, Begini Cara Cek Penerima di Link cekbansos.go.id, Bisa Pakai HP

Mekanisme penyaluran bisa saja berubah setiap tahapnya tergantung kebijakan pemberi bantuan sosial dalam hal ini Kemensos RI.

Kemensos tentu sudah memiliki perhitungan yang matang dalam hal penyaluran bantuan. 

Namun para KPM tidak perlu khawatir karena menerima hanya 2 bulan penyaluran pada tahap kali ini, karena sejatinya bantuan akan diakumulasikan di pencairan berikutnya.

Para KPM tetap akan mendapatkan bantuan sesuai yang ditetapkan oleh Kemensos. 

Jadi jumlahnya tetap sama per tahunnya.

BACA JUGA:ALHAMDULILLAH, Sudah Terbit Lagi SP2D PKH Tahap 3 Termin 4, Berikut Daftar Daerah yang Cair Mulai Hari Ini

Para KPM tetap menerima haknya sesuai apa yang dianggarkan oleh  Kemensos

Sementara untuk pecairanya melalui PT Pos, berdasarkan pantauan di SIKS-NG  mekanismenya tertera triwulan 3 maka akan cair per 3 bulan begitu juga dengan Bantuan BPNT juga akan disalurkan untuk periode Juli-September 2023. 

PT Pos terlebih dahulu mengeluarkan daftar nominatif setelah itu baru mencetak undangan dan menyalurkannya kepada KPM yang menerima bantuan PKH tahap 3 termin 3 ini. 

Berikut ini daftar daerah yang mulai proses pencairan Bantuan PKH tahap 3 termin 3 dan 4 meliputi: Provinsi Aceh, Bali, Banten, Bengkulu , DIY, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah , Kalimantan Timur, kalimantan utara, Kepulauan Bangka, Kepulauan Riau, Lampung, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Papua Pegunungan, Papua Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara. 

Bagi para KPM yang belum menerima pencairan baik lewat Pos maupun KKS ATM Himbara, harap menunggu dengan sabar karena proses penyaluran berlangsung bertahap.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: