Honda

Peranan Tim Negosiator Polwan Penting, Ini Penjelasan Kabid Humas Polda Sumsel

Peranan Tim Negosiator Polwan Penting, Ini Penjelasan Kabid Humas Polda Sumsel

Salah seorang Polwan Polda Sumsel sedang melakukan negoisasi disela-sela aksi massa di Mapolda Sumsel.-Humas Polda Sumsel-

Kombes Pol Supriadi menjelaskan, bahwa merujuk dari pendapat Brian Finch 1 kata negosiasi berasal dari bahasa latin yang berarti bisnis. 

Kata ini mengandung makna, dimana pembelian atau tawar menawar merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:Ini 3 Jenis Bansos PENA, Ada Dana Jutaan Rupiah yang akan Dibagikan kepada UMKM, Berikut Alur Pendaftarannya!

BACA JUGA:November Berkah, 6 Bansos Cair dibulan November 2023, KPM Bisa Dapat Uang Gratis dan Sembako

Sedangkan pengertian Negosiasi menurut Pierre Casse2 adalah proses komunikasi dua pihak, persepsi/ asumsi, kebutuhan, motivasi/ harapan berbeda, kemudian mencoba bersepakat demi kepentingan bersama. 

Sedangkan definisi Negosiasi menurut Robert Heron dan Carolin Vandenabeele adalah suatu proses, dimana dua pihak atau lebih yang mempunyai kepentingan yang sama atau bertentangan bertemu dan berbicara dengan maksud untuk mencapai suatu kesepakatan.

Pertentangan kepentingan memberikan alasan terjadinya suatu negosiasi. Pemberdayaan Polwan sebagai pelaksanaan negosiasi akan terasa pengaruhnya, keberadaan negosiator tersebut akan dapat diterima oleh massa.

Dan pelaksanaan dialog dimungkinkan tidak membosankan, sehingga akan dicapai “win-win solution” yang merupakan keberhasilan dari negosiator. 

BACA JUGA:5 Manfaat Tanaman Lidah Mertua Untuk Kesehatan, yuk Simak Ulasannya

BACA JUGA:SSDM Polri Gelar Bakti Kesehatan, Sosial dan Penanaman Pohon Serentak

"Namun berbagai bentuk kegagalan dalam negosiasi, kita melihat masih saja terjadi dan menyebabkan terjadinya bentrokan antara polisi dan demonstran," jelas Supriadi. 

Seorang Negosiator dari tim Dalmas Polwan memiliki kemampuan Fasilitator, dan setiap Negosiator Polri yang bertugas menangani dan melayani unjuk rasa di lapangan diharapkan memiliki kemampuan untuk berfikir.

Kemudian bertindak dengan cepat dan tepat, juga kemampuan untuk mengadakan komunikasi dengan orang lain baik individu maupun kelompok, dan kemampuan untuk mengendalikan diri guna menghadapi masalah yang dihadapi dengan baik.

Bahkan juga berperan sebagai Komunikator merupakan peran yang paling penting dari seorang negosiator. 

BACA JUGA:5 Cara Alami Untuk Mengobati Sakit Mata, Nomor 3 Pakai Kantung Teh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: humas polda sumsel