Citraland
Honda

Fokus Akselerasi Bisnis FMC, Pendapatan XL Axiata Capai Rp23,8 Triliun

Fokus Akselerasi Bisnis FMC, Pendapatan XL Axiata Capai Rp23,8 Triliun

Petugas sedang melakukan pemeriksaan pada perangkat BTS yang berada di Pamekasan, Madura--Istimewa/XL Axiata

BACA JUGA:Dorong Digitalisasi dan Transformasi UKM, XL Axiata Bersama Hypernet Luncurkan Open WiFi dan Managed WiFi

Dengan total jumlah pelanggan mencapai 57,5 juta hingga akhir September 2023, ARPU Mobile XL Axiata tercatat sebesar Rp 40 ribu untuk layanan prabayar, Rp 90 ribu pascabayar, dan Rp 42 ribu blended. 

Peningkatan blended ARPU ini tentunya searah dengan fokus perusahaan untuk meraih dan mempertahankan pelanggan yang produktif.

Dari sisi biaya-biaya operasional, XL Axiata berhasil menjaga tingkat stabilitasnya. 

Bahkan biaya terkait penjualan dan pemasaran bisa ditekan menurun jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, seiring dengan penerapan strategi digitalisasi. 

BACA JUGA:XL Axiata dan CIMB Niaga Jalin Kerja Sama Sinergikan Layanan Perbankan dan Telekomunikasi

Sementara itu untuk beberapa komponen biaya lainnya turun jika dibandingkan kuartal sebelumnya, seperti biaya interkoneksi dan pengeluaran langsung lainnya, biaya pekerja, serta biaya supplies dan overhead. 

Biaya ekspansi infrastruktur juga selaras dengan pertumbuhan jumlah site. 

Secara keseluruhan, beban biaya operasional YoY bisa dipertahankan di bawah pertumbuhan pendapatan.

Selanjutnya, strategi transformasi digital yang dijalankan XL Axiata termasuk dalam mengembangkan pengalaman pelanggan melalui aplikasi MyXL dan AXISNet terus menunjukkan efektivitasnya. 

BACA JUGA:XL Axiata Hadirkan Solusi Green Mining untuk Pertambangan Ramah Lingkungan Melalui Jaringan Pribadi

Kedua aplikasi telah memberikan hasil yang sangat kuat hingga sembilan bulan pertama 2023. 

Tercatat lebih dari 27 juta pelanggan yang aktif menggunakan MyXL dan AXISNet, dengan pertumbuhan Monthly Active User (MAU) telah mencapai 77% sejak Desember 2021.

Tingkat penggunaan MyXL dan AXISNet menunjukkan semakin meningkatnya pengalaman pelanggan dan monetisasi oleh XL Axiata melalui pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan pelanggan. 

Semakin banyak penggunaan kedua aplikasi tersebut oleh pengguna, akan semakin mempertajam prediksi tentang tren dan perilaku pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: