Honda

Resep Membuat Jus Mentimun untuk Diet, Rasakan Khasiatnya dalam Seminggu

Resep Membuat Jus Mentimun untuk Diet, Rasakan Khasiatnya dalam Seminggu

Diet Sehat dengan Rutin Minum Jus Mentimun Setiap Hari, Ini Cara Membuatnya-freepik-

PALEMBANG,PALPRES.COM- Resep membuat jus Mentimun untuk diet, rasakan khasakan dalam seminggu.

Mentimun atau sering disebut dengan nama Timun merupakan buah yang sering dijadikan lalapan yang dimakan dengan cara dicocol menggunakan sambal terasi, ataupun dapat dimakan secara langsung.

Buah mentimun juga sering dijadikan sayuran dengan cara ditumis ataupun ditambahkan sebagai campuran gado-gado, ataupun makanan lainnya.

Lalu, mentimun ini termasuk buah atau sayur sih?

Apabila dilihat dari segi botani, maka mentimun dikategorikan sebagai buah karena fungsi biologis tanamannya. Tanaman buah memiliki beberapa bagian, yakni bunga, biji, dan buah, seperti halnya mentimun ini.

BACA JUGA:4 Jus yang Tinggi Kolagen, Ampuh Bikin Kulit Glowing Bye-Bye Kerutan

Sedangkan tanaman sayuran terdiri dari daun, batang, dan juga akar. Oleh karena itu mentimun termasuk ke dalam kategori buah.

Mentimun, buah yang kerap dijadikan lalapan, ternyata memiliki beragam manfaat kesehatan saat diolah menjadi jus mentimun.

Berikut beberapa manfaat jus buah mentimun yang mungkin belum banyak diketahui orang. Adapun manfaat dari jus buah mentimun tersebut, antara lain:

1. Menghidrasi Tubuh

BACA JUGA:6 Jus Ini Ampuh Buat Kulitmu Glowing Maksimal, Berani Coba?

Dengan kandungan air di dalam buah mentimun yang mencapai 96 persen, maka sudah dapat dipastikan meminum jus buah mentimun timun membantu menghidrasi tubuh, mencegah dehidrasi (kekurangan cairan tubuh), dan juga dapat menjaga keseimbangan cairan dengan elektrolit di dalam tubuh.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Buah mentimun mengandung kalium dan antioksidan. Kalium merupakan mineral yang berfungsi sebagai elektrolit di dalam tubuh. Mineral ini mampu menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi risiko terjadinya batu ginjal, serta mengendalikan kadar gula darah. 

Selain itu, kalium juga dibutuhkan tubuh untuk mengoptimalkan fungsi jantung, otot, saraf, dan us timun dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mengurangi risiko hipertensi.  

Oleh karena itu, mengonsumsi jus buah mentimun dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

BACA JUGA:6 Jus Ini Ampuh Buat Kulitmu Glowing Maksimal, Berani Coba?

3. Mengobati Sariawan

Mengonsumsi jus mentimun dengan rutin, dipercaya dapat mengobati sariawan yang disebabkan oleh panas dalam. Buah mentimun juga membantu melepaskan kelebihan panas di dalam perut, yang dapat menyebabkan bau mulut. 

Oleh karena itu, dengan rutin mengonsumsi jus buah mentimun, maka Sariawan dan bau mulut pun akan segera menghilang.

4. Melancarkan Pencernaan

Buah mentimun mengandung pektin dan serat, yang berfungsi membantu melancarkan pencernaan, melunakkan feses, dan juga dapat mencegah dan mengobati sembelit (susah buang air besar).

BACA JUGA:9 Jus Buah dan Sayur Penambah Stamina Tubuh di Pagi Hari, Tubuh Lebih Bugar dan Rasa Lebih Enak

5. Mengurangi Berat Badan

Apabila Rutin dan rajin minum jus mentimun mentimun dapat membantu mengurangi berat badan karena tinggi serat dan air, namun rendah kalori, membuat perut kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan ngemil makanan tak sehat.

Sehingga setelah mengonsumsi jus buah mentimun, maka perut pun tidak akan terasa lapar.

6. Antioksidan untuk Daya Tahan Tubuh

Tingginya kandungan antioksidan dalam buah mentimun membantu menangkal efek radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mengurangi risiko sakit.

Antioksidan dapat menjaga daya tahan tubuh agar selalu bugar dan juga sehat.

BACA JUGA:10 Manfaat Buah Nanas untuk Kecantikan, Gak Cuma Menyegarkan Aja

7. Menguatkan Tulang

Buah mentimun Kandungan vitamin K, kalsium, kalium, dan fosfor. Adapun mengonsumsi jus buah mentimun bermanfaat untuk menguatkan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis. Selain itu, jus buah mentimun mendapat memberikan sejumlah manfaat, di antaranya adalah menjaga kesehatan jantung. Vitamin K yang terdapat di dalam buah mentimun, juga dibutuhkan tubuh karena berperan penting untuk mencegah perdarahan parah ketika mengalami luka.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Kalium dan antioksidan yang terdapat dalam dalam buah mentimun dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

BACA JUGA:6 Buah-buahan Khas Indonesia yang Tidak Dijumpai di Negara Lain, Ada Matoa Hingga Gandaria

Adapun cara membuat jus mentimun yaitu:

Bahan-bahan:

● Siapkan 1 buah mentimun yang berukuran sedang

● Siapkan 1 buah lemon

● Siapkan 4 sendok makan madu murni 

● Siapkan 250 ml air minum

● Es batu secukupnya

BACA JUGA:Inilah 7 Khasiat Buah Nangka Bagi Kesehatan Tubuh, Dibaca ya!

Cara membuat:

● Cuci bersih buah mentimun kemudian potong kecil-kecil

● Blender mentimun, es batu, air, dan juga madu

● Peras jeruk lemon, saring airnya.

● Setelah jus mentimun telah halus, segera saring ke dalam gelas, kemudian tambahkan perasan lemon di atasnya agar jus buah  mentimun menjadi lebih segar.

BACA JUGA:3 Khasiat Buah Belimbing Wuluh, Nomor 2 Sangat Luar Biasa

Itulah manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi jus buah mentimun. Selain sebagai makanan pelengkap, mengkonsumsi jus buah mentimun dipercaya dapat memberikan kesehatan pada tubuh.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: