Honda

Manfaatkan Lahan Pekarangan, TP PKK Sumsel Dukung Gerakan Tanam Cabai Serentak se-Indonesia

Manfaatkan Lahan Pekarangan, TP PKK Sumsel Dukung Gerakan Tanam Cabai Serentak se-Indonesia

Gertam Cabai Sumatera Selatan dilakukan di SMK Negeri Sumsel yang ditandai dengan penanaman cabai oleh Plh Sekda Sumsel Edward Chandra bersama Wakil Ketua III TP PKK Sumsel Desy Kasnayati-humas pemprov sumsel-

PALPRES.COM - Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mendukung Gerakan Tanam (Gertam) Cabai Serentak se-Indonesia.

Program ini dicanangkan langsung oleh Ibu Negara Republik Indonesia (RI) Iriana Joko Widodo di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin 5 Maret 2024.

Di waktu yang bersamaan, Gertam Cabai Sumatera Selatan dilakukan di SMK Negeri Sumsel yang ditandai dengan penanaman cabai oleh Plh Sekda Sumsel Edward Chandra bersama Wakil Ketua III TP PKK Sumsel Desy Kasnayati. 

Dalam sambutannya, Edward menyebut kegiatan ini bertujuan guna mensosialisasikan langsung kepada masyarakat dikarenakan cabai menjadi salah satu komoditas penyumbang inflasi.

BACA JUGA:Tinjau Infrastruktur di Kota Palembang, Plh Sekda Edward Candra Dampingi Reses Komisi V DPR RI

BACA JUGA:Pj Gubernur Agus Fatoni Audensi Bersama Menteri Perhubungan, Bahas Aktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan

Tak hanya itu, permintaan kebutuhan pangan masyarakat meningkat menjelang hari besar keagamaan yang menyebabkan beberapa harga komoditas pangan juga meningkat.

"Berdasarkan data Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP) pada minggu ketiga Februari 2024, komoditas yang perlu diwaspadai adalah cabai merah, cabai rawit, beras, gula pasir, minyak goreng, daging ayam ras, dan telur ayam ras,” ucapnya.

Gertam cabai di Sumsel kali ini dirangkai dengan memasifkan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) Goes To School dan GSMP Goes To Office.

Selanjutnya ditandai dengan pemberian bibit tanaman secara simbolis kepada 12 orang pelajar dan pelepasan bibit ikan lele untuk budidaya ikan dalam ember.

BACA JUGA:Kepala Basarnas RI Sambangi Kantor Basarnas Palembang, Ini Tujuannya

BACA JUGA:Diduga Ada Kecurangan, KPU Kota Palembang Non Aktifkan Petugas PPK Sukarami, Ketua PPK Sukarami Menghilang?

Sementara itu, Pj Ketua TP PKK Sumsel Tyas Fatoni dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel Ruzuan Effendi mengatakan di Provinsi Sumatera Selatan terdapat Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) yang sudah dilaksanakan secara masif mulai dari tahun 2021.

GSMP sendiri bertujuan untuk mengubah pola pikir masyarakat dari pembeli menjadi penghasil, menjamin ketersediaan, aksesibilitas dan pemanfaatan pangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: