Honda

Resep Tekwan Ikan Tenggiri Khas Palembang, Segar dan Gurih, Cocok Disajikan Saat Lebaran

Resep Tekwan Ikan Tenggiri Khas Palembang, Segar dan Gurih, Cocok Disajikan Saat Lebaran

Resep Tekwan Ikan Tenggiri Khas Palembang, Segar dan Gurih, Cocok Disajikan Ketika Lebaran-Cookpad-

PALPRES.COM - Kota Tertua di Indonesia, Palembang tidak hanya terkenal dengan pempeknya saja, namun juga berbagai kuliner lain yang bikin ketagihan, salah satunya tekwan.

Siapa yang tidak kenal dengan kuliner satu ini? Hidangan berkuah asal Palembang ini cukup digemari oleh banyak orang, lho.

Tekwan sendiri merupakan bola-bola ikan kecil yang disajikan dengan berbagai bahan pelengkap tambahan, mulai dari udang, soun, bengkuang dan campuran lain sesuai dengan selera.

Tekwan pada umumnya dijual bersamaan dengan pempek, sebab adonan ikannya mirip dengan adonan pempek, hanya saja tekwan disajikan dengan kuah bening yang memakai kaldu udang.

BACA JUGA:Menu Sahur Praktis, Ini Resep Nasi Goreng Kampung Gurih dan Menggugah Selera

BACA JUGA:5 Kuliner Khas Ogan Komering Ulu yang Menggugah Selera, Wajib Coba Kopi Durian yang Creamy

Di negara lain, tekwan ini sendiri mirip dengan fishcake, namun dalam penyajian dan bentuknya tekwan lebih kenyal dan juga gurih bagi pecinta kuliner.

Berdasarkan catatan dari sejarah, tekwan ini merupakan sebuah kuliner hasil akulturasi dari budaya Tionghoa dan juga Palembang. 

Ketika itu, para pedagang Tionghoa yang telah menetap di Palembang dan memperkenalkan kuliner berbahan dasar ikan ini yang kemudian diadopsi oleh orang Palembang asli.

Orang Palembang tersebut pun mengubah rasa sup ikan tersebut dengan cita rasa yang lebih lokal yang disesuaikan dengan lidah orang Palembang.

BACA JUGA:6 Tempat Makan Pempek yang Legendaris di Palembang, Bisa Dipesan untuk Lebaran, Harga Paket Mulai 100 Ribu

BACA JUGA:Mudik Lebaran ke Palembang? Berikut 5 Oleh-oleh Khas yang Paling Populer, Ada Pempek hingga Kue Berlapis-lapis

Sementara itu, nama tekwan sendiri didapat dari gabungan kalimat 'bekotek samo kawan' yang memiliki arti 'mengobrol bersama teman'.

Kata tersebut kemudian disingkat menjadi tekwan, karena didasari dari banyak kebiasaan orang Palembang yang menyantap tekwan di suasana yang santai sambil berbincang dengan temannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: