Honda

“Patah Tumbuh Hilang Berganti”, Pukau Penonton Sriwijaya Expo dan Festival Sriwijaya

 “Patah Tumbuh Hilang Berganti”, Pukau Penonton Sriwijaya Expo dan Festival Sriwijaya

PALEMBANG, PALPRES.COM - Penampilan teaterikal yang berjudul Patah Tumbuh Hilang Berganti dari Tim Kesenian Kodam II/Sriwijaya berkerjasama dengan Himpunan Putra-Putri Keluarga Angkatan Darat (Hipakad) dan Kesultanan Palembang Darussalam (KPD), sukses memukau penonton Sriwijaya Expo (2/3) dan Festival Sriwijaya (3/3) di tahun 2022 ini.

Tim Kesenian yang terdiri dari 60 orang dengan menggabungkan unsur TNI dari Kodam II, Hipakad dan para pekerja seni KPD ini, menyuguhkan cerita pentingnya peran tentara dalam satu negara.  

Pertunjukan ini dimulai dengan adegan Raja Sriwijaya Dapuntahyang Srijayanasa dan rombongan meluaskan wanua atau awasan di Palembang, sebagaimana yang ternukil dalam Prasasti Kedukan Bukit.  

Dalam prasasti disebutkan, bahwa Raja Sriwijaya diikuti dengan 20 ribu tentara. 

BACA JUGA:Tim Kesenian OKU Timur Tampil Di Festival Sriwijaya

Menurut banyak pendapat para sarjana, Prasasti Kedukan Bukit merupakan artefak yang menjadi bukti adanya Kedatuan Sriwijaya dan berpusat bertarikh 16 Juni 682 masehi. 

Selanjutnya, pertunjukan yang dipandu oleh naskah karya Vebri Al Lintani ini mempersentasikan sejarah di masa Kesultanan Palembang Darussalam, penderitaan di masa Hindia Belanda, Jepang dan masa pergerakan serta perjuangan di masa kemerdekaan RI hingga terbentuknya TNI. 

Menurut Vebri Al Lintani selaku penulis naskah Patah Tumbuh Hilang Berganti, suksesnya kegiatan ini tak lepas dari dukungan semua pihak. 

“Kegiatan ini merupakan kerjasama yang baik antara pihak Kodam II/Sriwijaya yang dalam hal ini  diwakili Kol Czi Sriyanto selaku Asisten Logistik Kodam II/Sriwijaya sebagai penggagas, Ferdy Ali Ghafur selaku Ketua DPD Hipakad dan SMB IV Jayo Wikramo RM Fauwaz Diradja”, kata Vebri.

BACA JUGA: Tim Kesenian Ogan Ilir Tampil Memukau di Festival Sriwijaya

Dari sisi artistik, pertunjukan ini dibantu oleh beberapa seniman Sumatera Selatan seperti Amir Hamzah Arga (sutradara), Imansyah (asisten sutradara), Syawal (penata artistik), aktor Yussudarson, anak-anak dari teater gaung dan jambore pemuda daerah kota Palembang. 

Selain, kegiatan pergelaran teaterikal, lanjut Vebri, Kodam II Sriwijaya juga ikut partisipasi pada pameran di Sriwijaya Expo. 

Adapun partisipasi pameran dari Kodam II/Swj dalam kegiatan Sriwijaya Expo 2022 di Jakabaring Sport Center berlangsung di Stand berukuran 3x3 m, yang dimulai pada tgl 2 Juli 2022 Pukul 08.00 WIB. 

Stand pameran menampilkan video profile TNI, TNI AD, Satuan Kostrad, Kopassus, Semua kecabangan, Akmil dan Latihan TNI yang diputar secara terus menerus selama pameran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com