Honda

Mengenal 36 Masjid di Kota Sekayu Musi Banyuasin beserta Lokasinya yang Wajib Diketahui

Mengenal 36 Masjid di Kota Sekayu Musi Banyuasin beserta Lokasinya yang Wajib Diketahui

Masjid Raya Baitul Makmur, salah satu masjid di Kota Sekayu--Ig:wahyuwko_i

Masjid Al - Ali merupakan masjid yang berlokasi di Jalan Lintas sekayu sebelum Pom bensin Darat Kota Sekayu memiliki 2 lantai, 5 kubah 1 besar dan 4 kubah kecil. Dan juga yayasan M. Ali Anang sekayu menjadi pusat belajar agama islam dan belajar mengaji. Biasanya ramai di sore hari anak anak mengaji di masjid ali anang.

10. Masjid Izmir Darussalam

Masjid Izmir Darussalam merupakan masjid 1 menara dan 5 kubah 1 kubah besar dan 4 kubah kecil yang terletak di dekat terminal randing jalan lingkar masjid ini juga ramai karena letak nya yang strategis dekat rumah makan dan dekat pasar terminal randik gerbang pertama. Kelurahan kayuara.

BACA JUGA:Mengenal Tarian Tradisional Khas Kabupaten Musi Banyuasin

11. Masjid Baitul Hasah

Masjid Baitul Hasah merupakan masjid terletak di tengah komplek Griya Randik sekayu memiliki 1 menara dan memiliki 3 tingkat atap berbentuk Piramida yang berada 100 m dari terminal randik gerbang ke dua, Kelurahan kayuara Kota Sekayu.

12. Masjid Al - Abror

Masjid Al - Abror merupakan masjid yang berlokasi di jalan laut pasar lama sekayu berada di pinggir jalan memiliki 2 lantai dengan atap berbentuk piramida. Kelurahan balai agung.

BACA JUGA:Bikin Ngiler, 5 Makanan Khas Musi Banyuasin Ini Wajib Dicoba

13. Masjid Al Warist

Masjid Al Warist merupakan masjid yang saat ini memiliki 1 gerbang dengan atap berbentuk piramida tingkat 2 yang terletak di jalan inpers belakang stadion tembusan Penjara kelurahan serasan jaya sekayu.

14. Masjid Baitul Izzah

Masjid Baitul Izzah merupakan masjid yang memiliki 2 lantai 5 kubah 1 kubah besar 4 kubah kecil yang terletak di komplek Villa Bukit Sejaterah (VBS) Sekayu. Pusat Peribadatan umat islam bagi warga VBS. Kelurahan kayuara.

BACA JUGA:Asal Usul Desa Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin

15.Masjid Al - Mustaqim

Masjid Al - Mustaqim merupakan masjid yang terletak di dekat perbatasan antara kelurahan kayuara dengan desa Lumpatan 1 di Jl. Lintas Palembang sekayu. Masjid ini memiliki 1 kubah besar dan 1 kubah kecil. Setiap sore hari masjid ini sangat ramai anak anak mengaji dan belajar agama islam.

16. Masjid Asy - Syifah

Masjid Asy - Syifah merupakan masjid yang paling ramai setiap harinya kurang lebih 100 pengunjung setiap harinya. Yang terletak di Kawasan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekayu. Masjid ini memiliki 1 kubah.

BACA JUGA:Legenda Asal Usul Terbentuknya Danau Ulak Lia di Sekayu, Begini Ceritanya?

17. Masjid Darul Muttaqin

Masjid Darul Muttaqin Sekayu merupakan masjid yang terletak di simpang 3 SD Negeri 10 Sekayu kelurahan balai agung, Masjid yang memiliki atap bertingkat 3 berbentuk piramida satu kuba. Strategis di pertigaan jalan lintas sekayu lubuk linggau. Kelurahan balai agung

18. Masjid Al - Soghir

Masjid Al - Soghir Sekayu merupakan masjid memiliki 2tingkat atap berbentuk piramida terletak di dekat pasar lama sekayu. Masjid ini setiap harinya ramai oleh generasi muda yang mengaji dan belajar agama islam. Masjid ini berada di Jalan tengah sekayu Jl. Letnan munandar lingkungan 2 sekayu, Kelurahan soak baru.

BACA JUGA:Jangan Tidak Tahu! Ini Dia Asal Usul Desa Bailangu Kabupaten Musi Banyuasin

19. Masjid At - Taqwa

Masjid At - Taqwa merupakan masjid yang terletak di kelurahan kayuara lingkungan 2. Memiliki 1 menara dan 1 kubah besar. Masjid ini merupakan masjid tempat beribadah kebanyakan warga kelurahan kayuara dan sekitarnya. Dengan pintu gerbang menghadap ke jalan laut sungai musi.

20. Masjid Al - AAmilin

Masjid Al - AAmilin Sekayu merupakan masjid yang terletak di hilir DC sekayu di tepi sungai musi dan di tepi jalan laut. Masjid ini banyak dikunjungi warga DC dan sekitarnya. Memiliki kubah kecil atap berbentuk piramida. Kelurahan serasan jaya.

BACA JUGA:Ini Nilai Sejarah Masjid Al Abror Desa Kerinjing Kabupaten Ogan Ilir, Wajib Diketahui

21. Masjid Al - Ikhwan Tjikman

Masjid Al - Ikhwan Tjikman merupakan masjid yang terletak di komplek perumahan Pancaroba grouf memiliki 1 menara dan 1 kuba 3 tingkatan atap berbentuk poramida dan berada Kelurahan Kayuara.

22. Masjid Nurul Falah

Masjid Nurul Falah sekayu merupakan masjid yang terletak di Jl. Suluk Danau Ulak lia turun jembatan JM simpang pertama sebelah kanan, Kelurahan Soak baru.

BACA JUGA:7 Arsitektur Masjid Bersejarah di Indonesia yang Penuh Filosofi, Ada Majid Agung Palembang lho!

23. Masjid Usman Bin Affan

Masjid Usman Bin Affan sekayu merupakan masjid yang terletak di simpang 4 pangkal jembatan JM. Tempat strategis setiap harinya banyak dikunjungi. Beribadah sekaligus tempat beristirahat.

24. Masjid Al - Muhajirin

Masjid Al - Muhajirin merupakan masjid yang terletak di Komplek perumahan praja permai. Memiliki 1 menara dengan atap bertingkat 2 berbentuk piramida. Kelurahan balai agung sekayu.

BACA JUGA:3 Masjid Peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam, Begini Sejarahnya

25. Masjid Nurul Iman Sekayu

Masjid Nurul Iman Sekayu merupakan masjid yang terletak di Jl. Tembusan perumnas jalan depan simpang polsek sekayu, Kelurahan balai agung.

26. Masjid Baiturrahman

Masjid Baiturrahman merupakan masjid yang terletak di komplek Perumahan Griya Bumi Lestari (GBL) sekayu. Masjid ini berdiri berbarengan komplek Perumahan GBL. Masjid tersebut tempat bagi masyarakat dan anak anak belajar mengaji dan belajar agama islam, terletak di Kelurahan balai agung.

27. Masjid Al - Huda

Masjid Al - Huda  Sekayu merupakan masjid yang terletak di Perumahan Komplek Lembaga Dakwa Islam Indonesia ( LDII) di kelurahan Kayuara kecamatan sekayu. Masjid ini dibangun di lokasi komplek LDII dan tempat belajar agama islam, pada tahun 2022 masjid ini dalam proses pembangunan. Kelurahan kayuara.

BACA JUGA: Menelusuri Peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam di Masjid Agung SMB I Jayo Wikramo

28. Masjid di komplek perumahan Palm Hijau

Masjid di komplek perumahan Palm Hijau merupakan masjid yang dibangun bebarangan dengan komplek palm hijau yang berlokasi di lahan komplek perumahan Palm hijau Kota sekayu pada saat pengambilan foto masjid ini baru dibangun dan belum diberi nama resmi. Sehingga menyebutnya masjid komplek perumahan Palm Hijau.

29. Masjid  Al - Ikhlas

Masjid  Al - Ikhlas yang terletak di Komplek Perumnas lama. Salah satu masjid megah yang dibangun di tengah komplek perumnas dengan arsitektur dan kaligrafi arab yang indah dan corak yang mempesonah. Kelurahan balai agung sekayu

30. Masjid  kubah pelangi

Masjid  kubah pelangi merupakan masjid yang unik memiliki kubah masjid yang berwarna warni seperti pelangi. Yang terletak di Jalan tembusan SMK Negeri 3 model sekayu dengan komplek Griya Bumi Lestari kurang lebih 100 m dari rumah susun. Di bangun di atas tanah rawa pada saat pembuatan masjid menimbun tanah untuk pondasi. Kelurahan balai agung.

BACA JUGA:Masih Bisa! Klaim Sekarang Juga Bantuan Saldo DANA Gratis Langsung Cair Rp600 Ribu dari Pemerintah

31. Masjid At - Taubah

Masjid At - Taubah merupakan masjid yang terletak di perumahan serasan damai lingkungan 1 kelurahan kayuara kecamatan sekayu. Masjid ini memiliki 1 kubah besar dan 2 kubah kecil dengan satu gerbang besar memasuki masjid yang berlokasi di jalan Merdeka, Kelurahan kayuara.

32. Masjid Al - Muntaha Polres Musi Banyuasin

Masjid Al - Muntaha Polres Musi Banyuasin merupakan masjid yang terletak di dalam lingkungan Polres Muba. Memiliki 1 kubah besar. Jemaahnya Kelurahan serasan jaya.

33. Masjid Darul Amal SMA N 2 Sekayu

Masjid Darul Amal SMA N 2 Sekayu merupakan masjid yang terletak di dalam lingkungan SMA N 2 Sekayu. Siswa dan siswi serta guru dan tenaga pengajar menjalankan ibadah sholat di masjid tersebut. Kelurahan kayuara.

BACA JUGA:Butuh Dana Hingga Rp10 Juta, Ini Cara Ajukan Pinjaman KUR BRI 2023, Langsung Cair!

34. Masjid Daarussa'adah

Masjid Daarussa'adah merupakan masjid yang terletak di Komplek Griya Mulya Permai (GMP). Memiliki 1 menara dan atap berbentuk piramida tingkat 2. Tempat ibadah warga GMP dan masyarakat sekitar yang berlokasi di tengah komplek perumahan GMP. Kelurahan balai agung

35. Masjid depan Kantor Pajak Pratama

Masjid depan Kantor Pajak Pratama merupakan masjid yang akan baru dibangun itu telihat dari pisik pembangunan masjid. Lingkungan 3 Kelurahan kayuara

36. Masjid An - Nur

Masjid An - Nur merupakan masjid yang terletak Perum Green Village kampung selarai indah. Memiliki 1 menara atap bertingkat 2 berbentuk piramida Kelurahan balai agung.*

BACA JUGA:KH Abdulrahman Delamat Keliling Sumsel Bangun Hingga 40 Masjid

Itulah tadi 36 masjid di Kota Sekayu Musi Banyuasin yang dikutip dari Catatan Jurnal Komunitas Warisan Budaya MUBA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: