Honda

Keluarga H Eden Arifin Hibahkan Lukisan SMB II ke Museum Negeri Sumsel

Keluarga H Eden Arifin Hibahkan Lukisan SMB II ke Museum Negeri Sumsel

Foto bersama disela-sela penyerahan hibah lukisan SMB II karya H Eden Arifin, yang dilakukan sang istri, Hj Murniati bersama anaknya Taufan Arifin, kepada Kadisbudpar Sumsel, Aufa Syahrizal SP M Sc.-Alhadi Farid-palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM – Lukisan Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II karya H Eden Arifin, Kamis, 26 Januari 2023, dihibahkan oleh sang istri, Hj Murniati kepada Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa di Jalan Srijaya, Kecamatan Alang-alang Lebar Palembang.

Penyerahan lukisan sendiri dilakukan Istri pelukis H Eden Arifin, Hj Murniati bersama anaknya Taufan Arifin, dan diterima oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel, Aufa Syahrizal SP M Sc.

Aufa Syahrizal menyambut baik penyerahan lukisan SMB II yang merupakan karya dari H Eden Arifin, untuk dihibahkan kepada Museum Provinsi Sumsel.

Aufa mengaku mendapatkan kehormatan, bisa menerima karya dari H Eden Arifin, lukisan Pahlawan Nasional asal Sumsel, SMB II, untuk dipajang di Museum.

BACA JUGA:Koin Jadul Rp1.000 Gambar Kelapa Sawit Dihargai Rp100 Juta? Ini 5 Cara Jualnya

Pihaknya memastikan, bahwa lukisan SMB II yang diberikan akan dijaga dengan sebaik mungkin. 

“Kita akan menjaga lukisan SMB II yang diberikan ini, kita harapkan dengan adanya lukisan ini dapat memberikan edukasi ke masyarakat dalam hal sejarah mengenai SMB II,” katanya.

Sementara itu, Taufan Arifin mengatakan, bahwa lukisan SMB II pertama kali dibuat pada 1982 dan Presiden kedua Indonesia Soeharto menjadikan SMB II sebagai Pahlawan Nasional.

“Sesuai amanat dari orang tua saya, bahwa lukisan karyanya ini dihibahkan untuk Museum Provinsi Sumsel, dengan harapan masyarakat yang datang akan mendapatkan edukasi mengenai sejarah tentang SMB II,” jelas dia.

BACA JUGA:SELAMAT! Pemilik BPJS Kesehatan Tipe KK Ini Bisa Dapat Bansos BPNT Rp200.000 Januari 2023

Karya yang diserahkan ke Museum Bala Putra Dewa itu, menurut dia, merupakan replika yang kedelapan dibuat pada Februari 2006. 

“Kalau secara total ada 10 replika yang dibuat, beberapa tempat lukisan SMB II itu dipajang, salah satunya berada di Griya Agung,” tambahnya.

Dirinya berharap agar masyarakat maupun generasi muda dapat menjadi patriot bangsa, seperti halnya SMB II. 

“Kita harapkan masyarakat dapat meneladani SMB II seperti patriot yang dimiliki beliau,” aku dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com