Honda

Jelang HPN 2023, Ekspedisi Geopark Kaldera Toba, Pers Turut Menjaga Warisan Dunia

Jelang HPN 2023, Ekspedisi Geopark Kaldera Toba, Pers Turut Menjaga Warisan Dunia

Peta objek wisata di Pulau Samosir, dan Danau Toba, Sumatera Utara--SMSI

BACA JUGA:Pemilik e-KTP dan KIS Segera Penuhi 9 Syarat ini untuk Dapat Bansos PKH Tahap 1, Begini Caranya!

Danau Toba bisa menjadi sumber pendapatan untuk masyarakat yang berpotensi tinggi untuk dikembangkan sebagai destinasi.

Memadukan tiga potensi utama yaitu geodiversity, biodiversity, dan culture diversity, Danau Toba memiliki peranan penting menopang sektor pariwisata Indonesia.

Rangkaian kegiatan yang akan dihelat SMSI adalah Misi Ekspedisi Geopark Danau Toba yang akan berlangsung pada tanggal 4 hingga 6 Februari 2023. 

Melalui pendalaman pengetahuan tentang kaldera Toba dan geopark yang disampaikan oleh para ahli, akan membangkitkan kesadaran bersama akan pemeliharaan geopark Toba.

BACA JUGA:KPM PKH Dengan Data KK Ini Bisa Dapat Bansos 2023 Hingga Rp7.400.000

Para Bupati Kepala Daerah di seputar Danau Toba akan menyertai jaannya ekspedisi yang mengawali kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 pada 9 Februari 2023.

“Harapan kami ketika kami turun ke Danau Toba, kita akan singgah di tujuh kabupaten yang dilintasi, kita akan berkampanye  kepada mereka kalau danau ini punya marwah dan nilai, selain historis. 

Toba juga diagungkan karena dalam rentang waktu ribuan tahun telah membawa kehidupan baru bagi nasyarakat,”kata Ketua Umum SMSI Firdaus. 

Misi ekspedisi ini akan menampilkan empat paddler (awak perahu) utama untuk menjelajahi tepi danau sejauh 130 kilometer. 

BACA JUGA:Hanya Modal HP Bisa Cairkan Dana Rp10 Juta dari BPJS Ketenagakerjaan, Mau?

Dalam ekspedisi ini, tim ekspedisi juga akan mendampingi desa-desa wisata yang sudah ada di sekitar danau untuk dikembangkan lagi sekaligus memetakan potensi-potensi wisata mereka.

"Misalkan bisa ditambahi dengan paket-paket wisata water sport. Harapannya, ketika banyak aktivitas di danau kemudian orang bakal nggak enak buang sampah di danau dan sekitarnya," ujar Ketua Umum SMSI, Firdaus.

"Nah, Toba harus memberikan lebih banyak manfaat kepada masyarakat. 

Kalau danau itu menjadi penghidupan, kemudian ada duit yang mengalir ke desa, desa punya alasan untuk menjaga danau sebagai warisan dunia," kata Firdaus.  *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: