Honda

Giliran Siswa SD/SMP di Ogan Ilir Diajak Kemenkominfo Belajar Bijak, Kreatif dan Inovatif Gunakan Media Sosial

Giliran Siswa SD/SMP di Ogan Ilir Diajak Kemenkominfo Belajar Bijak, Kreatif dan Inovatif Gunakan Media Sosial

Kemenkominfo RI menyasar para siswa SMP di Ogan Ilir untuk belajar menjadi pengguna media sosial yang bijak, kreatif dan inovatif.--kemenkominfo ri

OGAN ILIR – Setelah sempat roadshow menggelar webinar literasi digital di beberapa daerah, antara lain Kabupaten Ogan Ilir (OI), Kota Prabumulih dan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). 

Giliran kembali ke OI, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) menyasar para siswa SD/SMP di sini untuk belajar menjadi pengguna media sosial yang bijak, kreatif dan inovatif.

Rencananya Webinar Literasi Digital yang mengangkat tema “Menjadi Pengguna Media Sosial Yang Bijak, Kreatif dan Inovatif” dilaksanakan secara virtual pada hari Selasa, 11 April 2023 pukul 09.00 WIB – 11.00 WIB.

Rangkaian webinar literasi digital di Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan ini merupakan kerjasama Kemenkominfo RI dengan seluruh SMP se-Kabupaten Ogan Ilir dengan melibatkan para siswa sebagai audiensnya.

BACA JUGA:Webinar Literasi Digital Kemenkominfo Edukasi Menjadi Pengguna Medsos Bijak, Kreatif dan Inovatif

Kemenkominfo menginisiasi pelaksanaan webinar ini bertujuan untuk mendorong para pelajar SD/SMP di Ogan Ilir menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya dalam mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet. 

Runner Literasi Digital Wilayah Sumatera Selatan (Sumsel), Suryati Ali menuturkan, pada webinar ini, rencananya akan diisi secara virtual oleh beberapa narasumber yang berkompeten dalam bidangnya. 

Seperti webinar-webinar sebelumnya, kegiatan webinar diawali dengan sambutan dari Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika (Aptika) Kemenkominfo RI Semuel Abrijani Pangerapan.

Lalu mengundang kehadiran narasumber Dian Ikha Pramayanti, SP.t., M.Si (Dosen, Writerpreneur, dan Entrepreneur), kemudian narasumber Prayoga Putra Utama, S.Pd yang merupakan Kepala Seksi Kurikulum Pendidikan SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Ogan Ilir.

BACA JUGA:Kemenkominfo Edukasi Siswa SMAN 7 Prabumulih tentang Tantangan Hoaks Dalam Dunia Pendidikan

Webinar kali ini bakal dihangatkan dengan mengundang Key Opinion Leader (KOL) Reni Risti Yanti (Presenter), serta Siti Kusherkatun, S.Pd.I (Asih) sebagai juru bahasa isyarat dan dipandu oleh moderator Sonaria. 

Suryati menyebutkan, para narasumber tersebut akan memperbincangkan tentang 4 pilar literasi digital, yakni Digital Culture, Digital Ethic, Digital Safety dan Digital Skill.

“Para narasumber juga mengulas bagaimana Menjadi Pengguna Media Sosial Yang Bijak, Kreatif dan Inovatif,” cetus Suryati. 

Dosen tetap di Universitas PGRI Palembang ini menambahkan, menjadi pengguna media sosial yang bijak berarti memahami risiko dan bahaya yang terkait dengan penggunaannya. Salah satu risiko utama adalah privasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: