Honda

Menilik Situs Megalit dan Rumah Baghi di Desa Air Puar Lahat, Yuk Kita Telusuri

Menilik Situs Megalit dan Rumah Baghi di Desa Air Puar Lahat, Yuk Kita Telusuri

Puluhan siswa sekolah dasar sedang melihat situs megalit arca manusia tanpa kepala di Desa Air Puar Lahat--

BACA JUGA:Pedagang Hewan Kurban Mulai Bermunculan, Tawarkan Harga Sesuai Ukuran

Batu Tatah di Desa Air Puar telah diketahui oleh H.W.Vonk berkebangsaan Belanda pada tahun 1934 yang dituangkan dalam tulisannya berjudul De Batoe Tatahan Bij Air Poear kemudian tim dari BPCB Jambi melakukan pendataan pada tahun 2016 selanjut dari Puslitarkenas kesini pada tahun 2017 dan mahasiswa S3 Perancis mengunjungi batu tatah pada tahun 2021.

Dari kedua situs megalitik yang ada di Desa Air Puar kondisinya hingga saat ini masih belum mendapat perhatian serius dari pemerintah terutama terkait pemeliharaan misalnya pemerintah mengangkat juru pelihara situs megalitik untuk perawatan dan pemeliharaan kedua situs lebih baik dan maksimal seperti yang sudah dilakukan di situs lainnya. 

Potensi Desa Air Puar selain potensi budaya berupa situs megalitik dan ghumah baghi juga mempunyai potensi pariwisata berupa air terjun/cughup, terdata ada 6 cughup di Desa Air Puar, belum lagi potensi pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan. Bila saja ke-6 sektor tersebut dapat dikembangkan menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan misalnya dijadikan Integrated Farming, perpaduan sektor pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, kebudayaan dan pariwisata, dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan dan peningkatan perekonomian masyarakat desa, bisa dibentuk Bumdes dengan unit usaha ke-6 sektor tersebut.

Semoga suatu saat Desa Air Puar dan Kecamatan Mulak Ulu dapat berkembang dengan baik, maju dan sukses menjadikan Kabupaten Lahat Bercahaya. (brn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: