Honda

Sejarah Islam! Kisah Wonder Woman Islam: Siti Hajar dan Tiang Peradaban

Sejarah Islam! Kisah Wonder Woman Islam: Siti Hajar dan Tiang Peradaban

Sejarah Islam! Kisah Wonder Women Islam: Siti Hajar dan Tiang Peradaban-sumber foto: Alif.ID-

PALEMBANG, PALPRES.COM – Kali ini kita akan membahas kisah seorang wonder woman-nya Islam, yaitu seorang perempuan yang sangat tangguh dan penyabar yang biasa disapa dengan nama Siti Hajar; istri dari Nabi Ibrahim.

Kisah tentang Nabi Ibrahim beserta Siti Hajar dan Ismail sejak awal adalah jua sentuhan peradaban yang begitu luas.

Nabi Ibrahim orang Iraq, bunda Hajar dari Mesir, sementara Nabi Ismail kelak menjadi nenek moyang dari suku Quraisy yang melegenda.

Tempat dakwah Nabi Ibrahim dengan lingkup internasional dengan memulainya dari Imperium Babilonia, kemudian menuju Haram, lalu ke Mesir, kemudian ke Palestina, dan selanjutnya di Makkah.

BACA JUGA:Kisah Abu Nawas yang Rela Pura-Pura Gila agar Jadi Seorang Pujangga Sejati!

Hajar mengenal Nabi Ibrahim sebagai sosok guru yang sangat taat, “Sungguh, Ibrahim adalah seorang imam (yang dapat dijadikan teladan), patuh kepada Allah dan hanif...” (QS An Nahl 120) maka sentuhan rabbani itu jua ikut membalut kehidupan diri berserta anaknya yang juga taat itu.

Bunda Hajar bergabung dalam ‘parade’ barisan penegak risalah yang mengembara jauh di penjuru bumi Allah termasuk Makkah.

Apabila kamu pernah mendengar bahwa ditempatkannya Hajar bersama Ismail kecil di lembah Makkahadalah keinginan Sarah semata, maka kamu salah.

Sejak awal, hal itu merupakan perintah Allah, bukan karena ada seseorang yang membenci dan mengucilkan Bunda Hajar.

BACA JUGA:Saking Jujur dan Tepat Janji, Rasulullah Pernah Memuji Abu Ash bin Rabi, Begini Kisahnya

Melainkan saat Bunda Hajar bertanya pada Nabi Ibrahim, “Apakah yang engkau lakukan ini adalah salah satu perintah Allah?”

Nabi Ibrahin mengiyakan, lalu Bunda Hajar pun merespons dengan jelas dan lugas, “Jika memang begitu, maka Allah tak akan meninggalkan kami.”

Bagi muslim yang membaca kalimat ini tentu akan merasakan energi besar yang membuat kita ‘miner’ sendiri. Karena kita yang sering ragu dan tak sepenuhnya ikhlas menjalankan takdir ini akan tertampar dalam menyimak jawaban Bunda Hajar tadi.

Lalu, tahukah kamu bahwa Bunda Hajar ini sempat disebut secara khusus oleh Abu Hurairah?Sosok periwayat hadits ini mengatakan jika Hajar adalah ibu bagi bangsa Arab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: