Honda

Doa Puasa Hari Ke-14 Ramadhan, Artinya, dan Makna Nuzulul Quran

Doa Puasa Hari Ke-14 Ramadhan, Artinya, dan Makna Nuzulul Quran

Bacaan doa puasa hari ke 14 Ramadan-tangkapan layar farazinux-

Artinya: "Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam kemuliaan. Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar."

Jika Nuzulul Quran merupakan malam turunnya Alquran, dan juga bertepatan dengan waktu datangnya Lailatul Qadar, lantas mengapa diperingati pada setiap tanggal 17 Ramadan? 

BACA JUGA:Jangan Sampai Telat Bangun! Ini Waktu Imsakiyah dan Buka Puasa Hari ke-14 Ramadan 1445 H Kota Palembang

BACA JUGA:Beberapa Hal yang Sering Dianggap Membatalkan Puasa, Padahal Tidak, Apa Saja?

Padahal, sebagian besar ulama Islam meyakini, malam yang disebut Lailatul Qadar biasanya terjadi pada salah satu malam di 10 hari terakhir Ramadan.

Kecenderungan umat muslim meyakini Lailatul Qadar datang pada 10 hari terakhir Ramadan, yakni terjadi pada malam tanggal ganjil yang merujuk pada sejumlah hadis.

Salah satunya, hadis yang diriwayatkan dari Aisyah RA, bahwa Nabi Muhammad bersabda: "Carilah oleh kalian keutamaan Lailatul Qadar di malam-malam ganjil pada 10 malam terakhir Ramadan,” (H.R. al-Bukhari).

Sejumlah hadist juga mengisyaratkan bahwa Lailatul Qadar tidak selalu datang di malam tanggal 17 Ramadhan.

BACA JUGA:Wanita Harus Tahu lho, Ini 5 Fakta Menarik Tentang Pria yang Jarang Diketahui

BACA JUGA:Hukum Puasa Bagi Ibu Hamil dan Menyusui, Ini Penjelasan Habib Ahmad Alhabsyi

"Sebagian hadis mengemukakan Lailatul Qadr [biasanya] terjadi di malam ganjil bulan Ramadhan, sementara hadis lain menjelaskannya terjadi di malam ganjil di pertigaan terakhir bulan tersebut," demikian tulis Taufik Adnan Kamal dalam bukunya.

Mengingat penjelasan di atas, ketika memasuki pertengahan Ramadan, dan terutama sekali pada 10 hari terakhir bulan suci ini, umat Islam dianjurkan untuk lebih memperbanyak ibadah kepada Allah.

Banyak hadis yang menjadi dasar dari anjuran tersebut.

Misalnya, dalam sebuah hadis, Aisyah R.A berkata: "Pada 10 terakhir bulan Ramadhan Rasulullah SAW lebih giat beribadah melebihi hari-hari selainnya," (H.R. Muslim).

BACA JUGA:Emang Boleh Bayar Zakat Fitrah Pakai Uang? Simak Penjelasan Lengkap Ustadz Abdul Somad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: