Honda

Tingkatkan ETPD di Sumatera Selatan, BI Sumsel Gelar Sosialisasi Kriteria Championship TP2DD 2024

Tingkatkan ETPD di Sumatera Selatan, BI Sumsel Gelar Sosialisasi Kriteria Championship TP2DD 2024

pelaksanakan High Level Meeting (HLM) TPID & TP2DD Se-Sumatera Selatan--

BACA JUGA:Bank Indonesia Siapkan 449 Titik Layanan Penukaran Uang Rupiah, Segini Jumlah Maksimal yang Dapat Ditukarkan

Sistem digitalisasi juga berperan dalam memperluas dan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan layanan pemerintah.

Dalam konteks transformasi keuangan Pemerintah Daerah, Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) menjadi langkah penting untuk mengubah transaksi dan belanja Pemda dari cara tunai menjadi non-tunai berbasis digital.

Tujuannya adalah mewujudkan tata kelola keuangan yang lebih baik, serta meningkatkan potensi penerimaan Pemda melalui pemanfaatan teknologi, inovasi produk, dan saluran distribusi yang efisien.

Berdasarkan Survei Indeks ETPD pada Semester II tahun 2023, secara nasional jumlah Pemerintah Daerah di yang telah masuk dalam kategori Digital telah mencapai 499 Pemda atau sebesar 82,8% dari total 542 Pemda. Di Wilayah Sumatera Selatan sendiri, seluruh Pemda atau sebanyak 18 Pemda telah masuk ke dalam kategori Pemda Digital. 

Tentunya, peningkatan jumlah Pemda yang telah berada di tahap Digital ini menjadi bukti nyata semangat dan komitmen para Pemerintah Daerah di Wilayah Sumatera Selatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui pemanfaatan teknologi.

BACA JUGA:Bank Indonesia dan RBI Sepakat Dorong Penggunaan Mata Uang Lokal di Masing-masing Negara

Selanjutnya, Championship TP2DD hadir untuk terus mendorong percepatan dan perluasan digitalisasi di daerah-daerah di Indonesia.

Championship ini tidak hanya sebuah ajang untuk memberikan penghargaan kepada daerah yang telah menunjukkan kinerja terbaik dalam implementasi digitalisasi, tetapi juga bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan komitmen Pemerintah Daerah lainnya dan mempercepat implementasi digitalisasi. 

"Oleh karena itu, mari kita maksimalkan pengisian Championship TP2DD tahun 2024 dengan sungguh-sungguh, sehingga kita dapat menunjukkan dampak positif upaya yang telah dilakukan terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik, efisiensi birokrasi, pertumbuhan ekonomi daerah, serta memperkuat sinergi dan kolaborasi antar daerah,"imbau Agus Fatoni.

HLM TPID dan TP2DD pada kali ini menghasilkan rekomendasi untuk kemudian dilaksanakan oleh seluruh TPID dan TP2DD se-Sumatera Selatan, yaitu :

1. melakukan pantauan dan sidak serta pasar murah terhadap komoditas yang berisiko mengalami kenaikan,

BACA JUGA:Sinergi Insan Wartawan dan Bank Indonesia Sumsel Lewat Capacity Building

2. berkoordinasi dengan Satgas Pangan Daerah melakukan pengawasan terhadap penjualan Minyakita dengan harga di atas HET,

3. berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat mendorong komitmen produsen agar tetap memenuhi distribusi DMO minyak goreng sesuai alokasi dan mendorong percepatan penyaluran SPHP Jagung,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: