Honda

Kapolres Musirawas Ikut Monitoring Kondisi Hewan Kurban

Kapolres Musirawas Ikut Monitoring Kondisi Hewan Kurban

MURA, PALPRES.COM - Kapolres Mura, AKBP Achmad Gusti melakukan monitoring untuk melihat kondisi hewan kurban. Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan hewan yang dikurbankan terbebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kapolres tidak sendiri namun bersama Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Mura, Zuhri Syawal serta tim kesehatan hewan Kabupaten Mura.

Selain itu juga terlihat Kabag Ops, Kompol Polin E.A Pakpahan dan Kapolsek Tugumulyo, AKP Fettra Albert. Para perwira ini melihat hewan kurban di Desa Q1 Tambah Asri, Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Mura, Jumat (8/7/2022).

"Hari ini, sengaja saya bersama Kabag Ops, Kapolsek Tugumulyo, Kepala Disnakan dan tim kesehatan hewan, melakukan monitoring/pengecekan hewan kurban di Desa Q1 Tambah Asri," kata Kapolres.

BACA JUGA:Polres Mura Ikut Serta Penanganan PMK

Kapolres menjelaskan, selain melakukan monitoring/pengecekan hewan kurban, sekaligus memberikan himbauan dan edukasi prokes.

“Kami menghimbau kepada pedagang hewan potong maupun kepada pemilik ternak hewan, agar para peternak hewan jangan panik, namun kita tetap harus waspada terhadap penyakit PMK," jelas suami Ny Irene Gusti Hartono

Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan, selain itu kepada pedagang hewan potong dan pemilik ternak hewan, agar menjaga kesehatan hewan, selalu membersihkan kandang.

"Kemudian jika menemukan hewan ternak yang diduga terpapar penyakit PMK, segera berkoordinasi dengan tim kesehatan hewan dan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Mura," ucap perwira melati dua ini.

BACA JUGA:Puluhan Hewan Kurban di Empat Lawang Disuntik Vaksin PMK

Kapolres menambahkan, monitoring hewan kurban di Desa Q1 Tambah Asri, ini tidak lain untuk mencegah terjadinya penularan atau penyebaran virus PMK, terhadap hewan ternak jenis berkuku diantaranya, sapi, kerbau dan kambing.

Selain itu, kegiatan pemeriksaan hewan kurban yakni dalam rangka mencegah penyebaran virus PMK. Apalagi, dalam hitungan hari akan memperingati hari raya Idul Adha 1443 Hijriah.

"Pastinya, dengan harapan semoga wilayah Kabupaten Mura, terbebas dari PMK,"tutupnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: