Honda

Yuk Jelajahi 10 Air Terjun Terindah di Sumatera Selatan, Dijamin Pesonanya Bikin Betah

Yuk Jelajahi 10 Air Terjun Terindah di Sumatera Selatan, Dijamin Pesonanya Bikin Betah

Yuk Jelajahi 10 Air Terjun Terindah di Sumatera Selatan,--doc palpres.com

BACA JUGA:Menilik Pesona Wisata Alam Bukit Grenden, Tawarkan Spot Foto yang Menarik dan Instagramable

Air Terjun Kambas terletak di Desa Ulak Lebar, Kecamatan Ulu Ogan, Kabupaten OKU.

7. Air Terjun Ayek Deghian



Cughup Ayek Deghian merupakan salah satu bagian 7 rangkaian Air Terjun dari aliran Sungai Deghian yang ada di Desa Sawah, Kecamatan Muara Pinang Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan.

Dalam bahasa daerah Empat Lawang, Cughup berarti Air Terjun, Ayek berarti Air atau Sungai sedangkan Deghian berarti buah Durian.


Asal usul dinamakan Cughup Ayek Deghian karena warna air yang terdapat di air terjun ini sangatlah jernih seperti warna air di dalam kulit buah durian.

Di Indonesia, supaya orang yang makan buah durian tidak mabuk durian maka bisa menuangkan air putih (air mineral) ke dalam kulit durian. Air yang dituangkan ke dalam kulit durian berwarna putih jernih (bening)
.

BACA JUGA:Wajib Dikunjungi, Ini 5 Tempat Wisata Murah di Sekayu Paling Hits dan Instagramable

Nah, seperti itulah jernihnya air yang terdapat di dalam aliran Cughup Ayek Deghian. Hingga kini masyarakat Empat Lawang khususnya Desa Sawah mengenal air terjun ini dengan nama Cughup Ayek Deghian.

Jarak tempuh dari Desa Sawah ke Cughup Ayek Deghian membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit.
Dari Desa Sawah kita bisa memarkir kendaraan roda empat di Talang Kelop dan bisa memarkir kendaraan roda dua di dekat lokasi Cughup Ayek Deghian.



Sepanjang perjalanan menuju Cughup Ayek Deghian kita akan disuguhkan pemandangan alam yang memesona. Gagahnya merapi Gunung Dempo yang menjulang tinggi, hijaunya deretan bukit barisan yang indah bak lukisan, rimbunnya pepohonan dan sejuknya udara khas hutan hujan tropis, perkebunan sayur mayur yang tertata rapi dan luasnya perkebunan kopi robusta yang merupakan komoditas utama masyarakat Kabupaten Empat Lawang.



Cughup Ayek Deghian bersumber langsung dari lembah merapi gunung Dempo, keunikan lain yang dimiliki oleh air terjun ini adalah rasa asam pahit yang terdapat di dalam air terjun karena memiliki kandungan sulfur (belerang) yang dipercaya oleh masyarakat setempat bisa mengobati berbagai macam penyakit kulit.

BACA JUGA:Keren! 7 Pesona Wisata Indonesia Ini, Jadi Rekomendasi Tempat Liburan Pesohor Dunia

8. Air Terjun Temam Lubuklinggau

Seperti yang kita ketahui, Sumatera Selatan memang terkenal dengan kekayaan alamnya yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung dan berlibur di Bumi Sriwijaya salah satunya Air Terjun Temam.

Air Terjun Temam Lubuklinggau merupakan salah satu daya tarik wisata alam dan surga tersembunyi di Sumatera Selatan yang biasa disebut dengan miniatur air terjun Niagara yang terkenal di Kanada.

Dimana air terjun yang indah ini bisa dilihat dari berbagai penjuru dengan ketinggian 12 meter dan lebar sekitar 25 meter yang dikelilingi oleh batu-batuan alam dan membentang satu satu sisi ke sisi lain sehingga menjadikan wisata ini terlihat sangat gagah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: