Honda

Lulus Seleksi PPG Para Guru Harus Lakukan Verifikasi dan Validasi

Lulus Seleksi PPG Para Guru Harus Lakukan Verifikasi dan Validasi

Kantod Disdikbud Empat Lawang-Istimewa-

BACA JUGA:Pemilik KIS Bisa Dapat BLT BPNT Sembako, Cek di ATM Maret 2023

Adapun fungsi dari VervalPD yakni :

1. Mengajukan NISN bagi siswa yang belum memilikinya.

2. Mencari dan menyocokkan NISN bagi siswa yang datanya berbeda atau lupa NISNnya sehingga belum diinput dalam dapodiknya.

 3. Memilah NISN mana yang digunakan yang terbaru jika ditemukan NISN ganda Perbaikan data individu siswa dalam NISN jika terdapat kesalahan.

Operator sekolah harus memahami betul tentang cara kerja dari VervalPD ini, karena menyangkut tentang data siswa yang ada di sekolah. 

Harus benar benar cocok antara data siswa yang ada di dapodik dengan yang ada di lapangan. Jika di dalam website VervalPD terdata ada siswa yang invalid maka pengaruhnya ialah dipencairan dana BOS sekolah.

Adapun kolom yang ada di VervalPD di antaranya Rombel/Sekolah, NISN, nama, tempat lahir, tanggal lahir, ibu kandung, dan NIK. Di kolom tersebut akan terdata berapa jumlah siswa yang datanya tidak valid. 

BACA JUGA:KABAR GEMBIRA, Guru Non Sertifikasi Bisa Dapat Tunjangan Profesi Guru Meski Tak Ikut PPG

VervalPD dapat dikatakan valid apabila semua kolom tersebut menjadi 0 yang artinya semua data siswa tidak ada yang invalid.

Kabid SD, Suhaida melalui salah satu stafnya, Adi mengatakan bahwa untuk mencegah terjadinya data siswa yang invalid di VervalPD maka setiap dua bulan sekali akan dicek datanya.

"Kalau dulu masih banyak sekali sekolah yang data siswanya invalid di VervalPD, tapi tahun ini alhamdulillah sudah berkurang," kata Adi.

Ditambahkan oleh Adi, ia menekankan kepada sekolah yang masih invalid untuk segera memvalidkan data dengan cara menyinkronkan ke Capil.

BACA JUGA:Tak Perlu Ikut PPG Guru Tetap Dapat Tunjangan Profesi, Ini Syaratnya

"Misalnya siswa yang sudah pindah atau siswanya sudah tidak ada, silakan disinkronkan datanya ke Capil dan dicocokan di VervalPD agar semua data menjadi valid," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: