Honda

Menteri Teten: Cerita Nusantara, Ajang Perkenalkan UMKM Lokal

Menteri Teten: Cerita Nusantara, Ajang Perkenalkan UMKM Lokal

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki-Kemenkop UKM-

JAKARTA, PALPRES.COM - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) bersama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan OASE, menggelar program bertajuk Panggung Cerita Nusantara

Menurut Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki, bahwa dalam dua tahun terakhir kerja sama Kemenkop UMK dengan Dekranas dan OASE, dikembangkan untuk mempromosikan Kriya dan Wastra.

Ia menambahkan bahwa selama dua tahun terakhir, kolaborasi ini telah menyentuh lebih dari 10.000 perajin di Indonesia. 

“Untuk menindaklanjuti hal itu, pihaknya akan menggelar agenda serupa dengan tema “Cerita Nusantara: Unveiling the Story of Indonesia Artistry” pada Selasa 28 November 2023,” ujarnya di Jakarta, belum lama ini.

BACA JUGA:Kado Akhir Tahun 2023! Masyarakat Miskin Bakal Menerima 4 Bantuan Tunai Cair Minggu Ini, Segini Nominalnya

BACA JUGA:Kantor Pos Sebar Undangan, Dana Bansos PKH, BPNT, dan BLT EL Nino Cair Besok, Siapkan Berkas Ya!

Jadi, menurut Teten, Cerita Nusantara menjadi muara perjalanan Cerita Wastra dan Cerita Kriya yang akan menampilkan ide-ide brilian, inklusivitas dalam keragaman, daya saing usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal, karya seni rupa, kerajinan tangan, tekstil, dan inovasi digital yang selama ini telah melalui perjalanan panjang. 

“Penggalan kata 'cerita' selalu diangkat karena produk-produk kriya dan wastra Indonesia berakar pada sejarah budaya Nusantara yang panjang, dan menyimpan banyak cerita serta merekam setiap legenda kejayaan masa lalu. 

Tema tersebut bermakna mengungkap hakikat kesenian Indonesia,” papar Teten.

Secara filosofis, lanjutnya, kata itu dipakai sebagai upaya untuk menggali kembali pesan-pesan sejarah, kebudayaan, dan kejayaan masa lalu untuk dapat dijadikan sebagai bahan bakar dan semangat dalam membangun masa depan gemilang.

BACA JUGA:Bansos Tambahan Rp1 Juta untuk KPM BPNT Murni Sudah Cair di KKS, Ini Syarat Dapatnya

BACA JUGA:Alhamdulillah! KPM Sudah Terima Undangan Pos, 3 Bansos Mulai Cair Hari Ini, Cek Daerahnya

Panggung Cerita Nusantara diharapkannya dapat memberikan ruang yang leluasa bagi ekosistem wastra dan kriya yang telah ada.

Seperti Jakcloth, Brightspot, Inacraft, BRIlianpreneur, Alun Alun Indonesia, Sarinah, M-Bloc, IdeaFest, Kriyanusa, MUFFEST, JFW, PINTU Incubator, OOA, Wall of Fades, JSD, USS, JakartaXBeauty, Rumah Tenun Magelang, IFFINA, Krealogi, Piazza Firenze by Poppy Dharsono, Karya Kreatif Indonesia, hingga Gerakan Revolusi Lokal untuk berekspresi, berjejaring, untuk membawa karya-karya terbaiknya lebih dikenal luas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: