Honda

Libur Natal dan Tahun Baru 2024, XL Axiata Prediksi Trafik Meningkat 3 Kali Lipat

Libur Natal dan Tahun Baru 2024, XL Axiata Prediksi Trafik Meningkat 3 Kali Lipat

Teknisi melakukan pengecekan jaringan pada perangkat Base Transceiver Station (BTS) milik XL Axiata beberapa waktu lalu. Libur Natal dan Tahun Baru, XL Axiata Prediksi Trafik Meningkat 3 Kali Lipat.--XL Axiata

JAKARTA, PALPRES.COM- Menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah memastikan kesiapan jaringan.

Khususnya dalam menghadapi kemungkinan lonjakan trafik di semua layanan. 

Berdasarkan lonjakan trafik di tahun-tahun sebelumnya, XL Axiata memprediksi akan terjadi peningkatan trafik.

Dengan mencapai 2-3x lipat dibandingkan rata-rata trafik pada kondisi normal hari biasa. 

BACA JUGA:Hadirkan 100 XL AXIS Service Point, XL Axiata Perluas Layanan Penggantian & Reaktivasi Kartu

Dan naik sekitar 20% dibandingkan trafik Nataru tahun lalu. 

Lonjakan trafik antara lain akan terdorong oleh semakin intens-nya pelanggan dalam menggunakan berbagai layanan digital.

Dengan kapasitas besar yang biasanya dimanfaatkan untuk mengisi masa libur panjang. 

Diperkirakan pelanggan akan banyak berkirim konten video atau foto, serta akses streaming baik video, musik, serta gim. 

BACA JUGA:Fokus Akselerasi Bisnis FMC, Pendapatan XL Axiata Capai Rp23,8 Triliun

Media sosial juga diperkirakan akan menjadi sasaran pelanggan mengisi waktu liburan untuk berbagi meriahnya momen Nataru.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan melihat besarnya gairah masyarakat untuk merayakan dan mengisi liburan pergantian tahun. 

“Survei Kementerian Perhubungan 2023, diperkirakan akan ada potensi pergerakan sekitar 107,63  juta orang,” ungkapnya. 

Hal itu tentu akan ikut mendorong peningkatan trafik penggunaan layanan telekomunikasi dan data. 

BACA JUGA:Cara Mudah dan Praktis Aktifkan Lagi Nomor XL/AXIS yang Telah Lama Nonaktif

Karena itulah, XL Axiata perlu menyiapkan jaringan dengan kapasitas 2x lipat lebih besar, dari hari normal agar dapat tetap aman jika terjadi lonjakan trafik yang signifikan.

Gede menambahkan, persiapan jaringan meliputi antara lain peningkatan kapasitas, optimisasi di area-area tujuan wisata.

Dan sepanjang jalur transportasi darat (tol dan non tol) di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi. 

Selain itu juga di sepanjang jalur kereta api, termasuk kereta cepat. Tim teknis XL Axiata memperkirakan, pergerakan masif akan terkonsentrasi di jalur mudik.

BACA JUGA:Bingung Cari File Hasil Download di Ponsel Android, Ada Cara yang Gampang kok!

Seperti via jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera dan berpotensi meningkatkan trafik jaringan sekitar 10-20%. 

Tim XL Axiata juga sudah mengidentifikasi kota-kota yang rawan dengan lonjakan trafik.

Termasuk juga destinasi wisata dan pusat keramaian, juga titik-titik yang biasa mengalami kemacetan lalu lintas.

Selain itu, juga telah disiapkan rencana rekayasa jaringan jika terjadi kepadatan trafik di suatu lokasi.

BACA JUGA:Ponsel Lipat Terbaik, Tahan Lama dan Punya Prosesor yang Kuat, Yuk Cek Spesifikasinya

Termasuk pengerahan armada Mobile BTS (MBTS) di berbagai lokasi yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik. 

Rekayasa jaringan yang dilakukan ini berupa pengalihan atau pemecahan trafik jika terjadi kepadatan di suatu area. 

Dengan demikian, lonjakan trafik di suatu lokasi tidak akan menyebabkan penurunan kualitas layanan kepada pelanggan.

Tidak kurang dari 57 unit MBTS telah ditempatkan di berbagai lokasi yang membutuhkan dukungan penguatan kualitas sinyal. 

BACA JUGA:5 Tips Kembali Tidur Saat Terjaga Pada Malam Hari, Jangan Main Ponsel!

Titik-titik lokasi yang dimaksud antara lain meliputi jalur transportasi utama, lokasi tujuan wisata, pusat keramaian, hingga terminal bus, stasiun kereta, serta bandar udara. 

Gede optimis kualitas layanan data selama liburan panjang nanti akan tetap prima.

Dan pelanggan akan tetap mendapatkan kenyamanan sesuai dengan yang mereka butuhkan.

“Selain persiapan khusus dalam menyambut masa liburan ini, performa jaringan data juga akan terbantu oleh selesainya fiberisasi di ratusan kota di berbagai daerah, baik di sebagian besar Jawa dan luar Jawa,” jelasnya. 

BACA JUGA:Yuk, Mainkan Game Adventure Ini Saat Liburan Akhir Tahun, Dijamin Gak Bosenin!

Kesiapan jaringan XL Axiata juga didukung oleh pembangunan jaringan.

Dan peningkatan kualitas yang memang dilaksanakan terus menerus di sepanjang tahun di berbagai wilayah di seluruh Indonesia.

Untuk Jaringan Fixed Mobile Convergence, XL Axiata juga sudah melakukan optimasi dengan penambahan kapasitas.

Karena diperkirakan akan terjadi lonjakan trafik lebih dari 21% dari hari normal.  

BACA JUGA:9 Tips Liburan Anti Ribet, Dijamin Healing No Drama No Tepar

Saat ini tercatat ada lebih dari 235 ribu pelanggan layanan Home. 

Pencapaian tersebut tidak terlepas dari semakin luasnya jaringan XL SATU Fiber yang kini telah mencapai 2 juta home passed.

Dan tersebar di lebih dari 75 kota/kabupaten, termasuk lebih dari 12 kota/kabupaten tambahan dalam tiga bulan terakhir.

Kota-kota yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik adalah kota-kota yang juga menjadi tujuan berlibur masyarakat.

BACA JUGA:Jangan Sampai Salah! Ini 5 Tips Saat Memilih Bus Pariwisata untuk Liburan Akhir Tahun

Antara lain di Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Bali, dan Lombok. 

Kenaikan trafik diperkirakan akan terjadi di area-area yang memiliki komunitas Nasrani cukup besar, yang merayakan Natal.

Seperti di Sulawesi Utara, Sumatera Utara, serta Nusa Tenggara Timur. 

XL Axiata juga telah menyiapkan antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana yang tidak terduga.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Novel Bagus untuk Bacaan Saat Liburan Akhir Tahun

Seperti misalnya banjir, gempa bumi, tanah longsor, dan sebagainya, yang berpotensi menyebabkan putusnya pasokan listrik ke BTS-BTS. 

Untuk itu, ada di lapangan yang akan siaga 24 jam selama masa libur ini.

Selain itu juga ada tim yang terus memantau kondisi jaringan di seluruh wilayah layanan XL Axiata.

Melalui pusat monitoring kualitas layanan XL Axiata-Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) yang berada di kantor pusat di Jakarta.

BACA JUGA:Butuh Modal Buat Liburan, Cobain 5 Pekerjaan Ini, Dijamin Cuan Mengalir!

Kesiapan Layanan Pelanggan

Sementara itu, guna melayani pelanggan yang membutuhkan dukungan selama melewati masa libur panjang tersebut.

Tim layanan pelanggan XL Axiata juga telah siap. Untuk memastikan pelanggan dapat terlayani secara maksimal. 

XL Axiata menyediakan sekitar 550 petugas layanan contact pelanggan baik melalui layanan call center maupun layanan digital care. 

Layanan kepada pelanggan ini bersiaga selama 24 jam sehari, 7 hari dalam sepekan.   

BACA JUGA:Rampung Tahun Depan, Jalan Tol di Jawa Barat Ini Telan Anggaran Rp56,2 Triliun

XL Axiata juga telah menyiapkan fasiltas dan infrastruktur yang beragam, baik melalui telpon atau layanan digital yang bisa dilakukan dari rumah.

Diantaranya, layanan XL Center online, layanan Call Center dan layanan Digital Care Maya melalui aplikasi myXL dan AXISnet juga kanal digital seperti; E-mail, Twitter, Facebook, Instagram serta Live Chat. 

Untuk melayani sekaligus memberikan solusi atas berbagai pertanyaan, baik menyangkut keluhan layanan hingga informasi produk kepada pelanggan setia.  

Tak hanya itu, pelanggan juga bisa mendapatkan layanan, termasuk beragam produk di 92 XL Center yang tersebar di berbagai kota di seluruh Indonesia. 

BACA JUGA:10 Keunggulan Jaringan 5G pada Smartphone, Tawarkan Kemudahan dan Kecepatan

Di beberapa kota, XL Center juga tetap buka di Hari Natal dan Tahun Baru terutama yang terdapat di pusat perbelanjaan atau mall. 

Di tahun-tahun sebelumnya, setiap libur panjang, baik Lebaran maupun akhir tahun. 

Jumlah pelanggan yang menghubungi call center dan digital care justru menurun dibanding hari normal.

Dari total pelanggan yang menghubungi, persentase topik yang sering ditanyakan oleh pelanggan antara lain layanan paket internet dan roaming.  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: