Honda

Pawai Kendaraan Hias di Martapura, Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram

Pawai Kendaraan Hias di Martapura, Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram

Peserta pawai kendaraan dalam menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1444 H di Martapura, Kabupaten OKU Timur, Sabtu (30/7/2022) pagi -Foto: Arman/Palpres.com-

MARTAPURA, PALPRES.COM – Masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur menyambut peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah dengan menggelar pawai ratusan kendaraan, Sabtu (30/7/2022) pagi.

Ratusan kendaraan yang dihiasi beragam pernak pernik melintasi jalanan utama Kota Martapura. Acara pawai ini disambut antusias oleh warga, termasuk Wakil Bupati OKU Timur HM Adi Nugraha Purna Yudha didampingi Camat Martapura. 

BACA JUGA:Anak-anak TK/TPA di Prabumulih Pawai Taaruf, Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram

Dalam sambutannya, Wabup Adi Nugraha Purna Yudha mengajak umat Islam di OKU Timur bersatu dan menjadi umat yang berakhlak mulia. 

"Mari kita maknai Tahun Baru Islam 1444 hijriyah ini sebagai momentum untuk terus berbenah diri ke arah yang lebih positif. Menjadi manusia yang bermanfaat,'' ujar Wabup.

Ia mengatakan, tanggal 1 Muharram dalam sejarah Islam merupakan peristiwa penting. Saat itu Rasulullah SAW melakukan hijrah dari Mekkah menuju Madinah bersama pengikutnya, setelah melewati tahun duka cita yang sungguh panjang, serta gempuran boikot dari kaum Quraisy.

Peristiwa hijrah tersebut bertujuan tujuan untuk mendapatkan keadaan yang lebih baik bagi umatnya dan dakwah Nabi. Semangat Tahun Baru harus dijadikan momentum untuk meningkatkan amal ibadah, memperkuat ukhuwah, melupakan perbedaan dengan acara tetap menjaga torehan prestasi yang lebih baik.

Rute pawai mulai dari Lapangan Koni hingga finis di Masjid Agung Sabilul Muttaqim, Kotabaru, Martapura. Meskipun diguyur hujan saat finis, tidak menyurutkan semangat para peserta pawai. 

Ketua panitia pelaksana Hasan Mustofa mengatakan, kegiatan ini adalah event tahunan yang rutin digelar. Bertujuan untuk ajang silaturahmi dan menyuarakan syiar Agama Islam.

“Kita gelorakan tahun baru Islam dengan pawai kendaraan hias. Perayaan Tahun Baru Islam merupakan pertanda pergantian tahun dalam kalender Islam atau disebut dengan tahun Hijriyah,” ucapnya.

Ia menyatakan, tahun baru Islam menjadi momen spesial bagi kaum muslim untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. (*)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: