Honda

103 Peserta Bakal Bacakan Puisi Koleksi Museum

103 Peserta Bakal Bacakan Puisi Koleksi Museum

103 Peserta Bakal Bacakan Puisi Koleksi Museum-Foto Sri Devi/palpres.com-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Sebanyak 103 peserta akan beradu penghayatan dalam membaca puisi koleksi Museum Negeri Sumatera Selatan (Sumsel).

Hal ini terungkap saat rapat koordinasi lomba baca puisi di ruang Audio Visual Musuem Negeri Sumsel Balaputra Dewa, Selasa (23/08/2022).

Diketahui, lomba tanpa biaya alias gratis ini akan digelar pada Kamis (25/08/2022) di Aula Museum Balaputra Dewa, di jalan Srijaya No.I, RW.5, Srijaya, Kecamatan Alang-Alang Lebar, Kota Palembang.

Ketua Panitia, Edwin Fast mengatakan setiap peserta lomba akan membaca salah satu karya puisi yang telah disiapkan pantia.

BACA JUGA:Pawargo Main Reog Ponorogo di Museum Negeri Sumsel

Diakuinya, tercatat ada 103 peserta yang mendaftar baik dari SMA, Mahasiswa dan Umum.

“Setiap peserta yang sudah mendaftar akan diberikan karya puisi yang sudah di siapkan panitia. Setiap peserta diharapkan datang untuk menghadiri penjelasan teknis (TM) pada Rabu besok. Karena disana ada pengundian nomor peserta. Apabila peserta tidak datang tanpa asalan yang jelas makan dianggap mengundurkan diri,” tegasnya.

Dia menambahkan, setiap peserta tidak diperkenankan  menggunakan alat pengiring, baik dimainkan sendiri atau dimainkan orang lain saat pembacaan puisi berlangsung.

“Dengan kriteria penilaian, penghayatan yang di dalamnya ada emosi dan pemahaman puisi tersebut sebanyak 20 persen. Penampilan, meliputi gerak, mimik dan gestur 15 persen. Intonasi dengan nada yang tepat dan teratur. Sesuai dengan irima puisi itu  15 persen, Artikulasi 15, Vokal meliputi tempo dan penekanan 15 persen dan ekspresi secara keseluruhan 20 persen,” jelasnya.

BACA JUGA:Disbudpar Sumsel Sukses Gelar Lomba Tari Kreasi dan Permainan Tradisional di Museum Subkoss

Senada, Kepala UPTD Museum Negeri Sumsel, H Chandra Amprayadi melalui Kasi Museum Negeri Sumsel, Adie Citra Shandy mengatakan setiap peserta wajib mengisi daftar hadir yang telah disediakan panitia pelaksana dan mengenakan nomor urut yang telah diundi.

“Bagi peserta yang telah dipanggil sebanyak tiga kali, tetapi tidak menampilkan diri tanpa keterangan yang jelas dianggap gugur,” katanya.

Nantinya setiap peserta akan mendapatkan piagam penghargaan. Untuk pemenang lomba baca puisi, akan mendaptkan Piala, Uang Pembinaan dan Piagam. Juara 1 mendapatkan Rp2.000.000, juara 2 Rp1.750.000, juara 3 mendapatkan Rp500.000.

“Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat di ganggu gugat,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: