Honda

Personel TMMD Buat Tempat Duduk Poskamling

Personel TMMD Buat Tempat Duduk Poskamling

Tampak tempat duduk Poskamling tersusun rapi menggunakan tumpukan batu bata, Senin 24 Oktober 2022.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Pembangunan Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling), kini memasuki pengerjaan tempat duduk yang saat ini sudah masuk menyusun batu bata, nantinya bisa dipakai bagi anggota ronda malam di Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat.

"Progressnya sangat cepat dikerjakan, Poskamling dengan ukuran 2x2 meter persegi tersebut telah tersusun rapi," kata Komandan Kelompok (Danpok) Platduiker dan Poskamling, Serda Saragih, Senin 24 Oktober 2022.

Serda Saragih mengemukakan, Poskamling dimaksud nantinya akan dibangun dalam bentuk cukup minimalis, sehingga ketika melaksanakan ronda malam membantu warga.

"Untuk itulah, kita akan bangun sebaik mungkin, supaya penduduk dengan nyaman melaksanakan kewajibannya, membuat desa semakin aman dan kondusif," tegasnya.

BACA JUGA:Rangka Plafon Rumah Nenek Ratna Terpasang

Berita Terkait, Fasilitas umum (Fasum) mandi, cuci dan kakus (MCK) berangsur-angsur mulai terlihat progresnya, kini, personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat, kini tengah membangun sarana khusus untuk pencucian dengan ukuran 2x2 meter persegi.

"Hal ini, supaya ketika masyarakat beraktifitas tidak campur dengan yang lain, karena untuk pencucian ada tersendiri," jelas Komandan Kelompok (Danpok) MCK, Serda Ahyar, Senin 24 Oktober 2022.

Serda Ahyar menerangkan, hal ini tiada lain guna menopang sanitasi yang bersih dan sehat, sehingga air limbah yang mereka hasilkan dapat mengalir dalam satu kesatuan.

"Semuanya kita buatkan dalam satu pipa aliran, bukan hanya sanitasi, lingkungan sekitar pun tidak terkontaminasi sedikitpun," ungkapnya.

Dirinya menambahkan, dengan memberlakukan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), tidak akan terlepas dari penurunan angka stunting yang kini gencar dilakukan jajaran Kodim 0405/Lahat.

BACA JUGA:Pasang Kloset Jongkok, Bantu Turunkan Angka Stunting dari Program TMMD ke 115

"Bersama-sama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat, untuk terus berjuang dan berinovasi, supaya masyarakat yang selama ini buang air besar (BAB) di sungai ataupun darat, kini telah disediakan sarana memadai," terang Serda Ahyar.

Serda Ahyar menuturkan, dengan Fasum MCK dan sumber air bersih yang dialirkan ke pemukiman penduduk ini, pastinya akan membantu dalam menekan stunting.

"Tidak sekedar pemberian makanan dan minuman tambahan semata, melainkan bagaimana pola pikir masyarakat untuk mengubah itu semua menjadi jaminannya, tinggal aparat pemerintah desa (Pemdes) Pagarbatu berperan aktif menunaikan kewajiban," tegasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com