Honda

AIMS Selaras dengan Kampus Merdeka, Fokus Kembangkan Kualitas SDM

AIMS Selaras dengan Kampus Merdeka, Fokus Kembangkan Kualitas SDM

Foto bersama para peserta Program Asian International Mobility for Students (AIMS)-AIMS-

YOGYAKARTA, PALPRES.COM – Program Asian International Mobility for Students (AIMS) selaras dengan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek

Karena, AIMS dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka memiliki fokus yang sama yaitu pengembangan kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan berbagai kesempatan pengembangan kompetensi, minat, dan bakat mahasiswa.

Khususnya, melalui program pertukaran mahasiswa antar negara anggota/mitra AIMS.

Demikian dijelaskan Plt Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Diktiristek Sri Gunani Partiwi.

BACA JUGA:Ada Saldo Masuk Rp875.000 ke KKS PKM, Bansos PKH Tahap 3 Sudah Cair di Bank Ini

“Kesempatan menempuh program pertukaran bagi mahasiswa di negara mitra dengan potensi pemilihan bidang program studi yang berbeda dengan bidang keilmuan asal, menjadi salah satu pondasi kuat dalam mempersiapkan kemampuan mahasiswa menghadapi dunia kerja di masa depan dengan keberagaman minat serta bakat," sebutnya.

Pada pertemuan ini, negara anggota AIMS kembali menegaskan komitmennya untuk terus mendukung pelaksanaan berbagai program mobilitas dari para mahasiswa di kawasan.

Dengan memperkenalkan kesempatan ruang keahlian yang luas, pengalaman atas lingkungan kebudayaan yang baru, jembatan interaksi masyarakat internasional, dan peningkatan kualitas institusi pendidikan. 

Turut menjadi isu pembahasan dalam pertemuan ini adalah tantangan dan hambatan yang dihadapi oleh para negara anggota AIMS, seperti proses aplikasi visa dan keimigrasian, penyesuaian kebijakan pemerintah serta penjaringan keikutsertaan mahasiswa.

BACA JUGA:Harga Cuma 19 Jutaan, Canggih, Desainnya Mengagumkan, New Honda Beat 150 Bikin Konsumen Senang

Pada kesempatan yang sama, Centre Director of SEAMEO RIHED, Romyen Kosaikanont menyampaikan bahwa pentingnya tracer study (pelacakan jejak lulusan/alumni) dan kualitas alumni mahasiwa turut krusial dalam meningkatkan peran dunia pendidikan dalam pengembangan sektor ekonomi, sosial dan budaya.

“Penguatan jaringan alumni AIMS turut menjadi bagian yang terpisahkan dalam kepentingan pengembangan dunia pendidikan yang berkelanjutan, dan memperkuat kerja sama serta kolaborasi antar negara anggota dan alumni AIMS yang turut mendukung pembentukan identitas regional," katanya.

Ia dan negara anggota lainnya sepakat, pentingnya turut mengembangkan jaringan alumni AIMS berserta perangkatnya akan turut mendukung aktivitas dan berbagai program komperhensif AIMS lainnya.

Perwakilan AIMS untuk Perguruan Tinggi di Indonesia, Azis Boing Sitanggang, melihat keberadaan AIMS sangat penting dalam mendukung perkembangan sektor pendidikan tinggi di wilayah masing-masing negara anggotanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: