Honda

Pimpin Meeting High Level, Pj Bupati OKI Siapkan Langkah Strategis Pengendalian Inflasi

Pimpin Meeting High Level, Pj Bupati OKI Siapkan Langkah Strategis Pengendalian Inflasi

Pj Bupati OKI pimpin Meeting High Level sebagai langkah persiapan menjadi kestabilan harga bahan pokok jelang ramadhan dan idul fitri-PALPRES.COM-

Semua program inovasi itu, diharapkan Asmar akan mampu menjaga Inflasi dengan diperkuat kolaborasi antar pihak.

BACA JUGA:BPJS Kesehatan Datangi Warga Binaan di Lapas Sekayu, Ada Apa? Ini yang Dilakukannya

Kegiatan diisi dengan pemaparan oleh narasumber yang memberi masukan terhadap Langkah dan upaya pengendalian inflasi di OKI.

Diantaranya Rahmadi Murwanto dari kantor perbendaharaan negara Sumsel yang menjelaskan tentang penggunaan Belanja Tidak Terduga dalam Pengendalian Inflasi. 

“Belanja Tidak Terduga (BTT) digunakan untuk keperluan mendesak yang tidak dapat diprediksi dan akan menimbulkan kerugian yang lebih besar bagi masyarakat termasuk inflasi,” jelasnya.

Pemda tambahnya, perlu menyiapkan instrumen pendukung dalam penggunaan BTT tersebut.

BACA JUGA:5 Hp Spek Dewa Harga 3-4 Jutaan Maret 2024! Ada Samsung, POCO, Vivo, Siapa Juaranya?

“Bisa dilakukan pergesaran anggaran pada OPD sesuai dengan ketentuan perundangan,” cetusnya.

Sementara Kepala BPS Provinsi Sumsel, Wahyu Yulianto memaparkan perkembangan inflasi dan deflasi Kabupaten OKI pada Januari 2024 lalu. 

Dimana tingkat inflasi Years on Years (y-on-y) Kabupaten OKI mencapai 4,92 persen sementara tingkat inflasi moon to moon diangka -0,11 persen. 

“Berbagai indikator menunjukan kondisi sosial ekonomi di Kabupaten OKI terus menguat, namun perlu diantisifasi kenaikan harga jelang hari besar keagamaan,” terang Wahyu.

BACA JUGA:Ini Keunggulan Realme 12 Pro Plus 5G Smartphone Midrange yang Berani Usung Kamera Periskop Telefoto!

Sementara perwakilan Bank Indonesia Sumsel, Ricky Perdana Gozali menyebut sejumlah dukungan BI yang dapat dikolaborasikan dengan Pemda dalam pengendalian inflasi. 

“BI mempunyai sejumlah program yang dapat berkolaborasi dengan Pemda seperti gerakan budidaya, hilirisasi, perluasan pupuk organik, pemanfaatan alsintan serta kerjasama daerah,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: